Bagikan:

JAKARTA - Timnas Voli Putri Indonesia menelan kekalahan pada laga pertama Asian Volleyball Confederation (AVC) Challenge Cup 2024 di Rizal Memorial Coliseum, Manila, Filipina, Kamis, 23 Mei 2024.

Anak asuh Pedro Lilipaly itu menelan kekalahan 0-3 melawan Hong Kong dengan skor 22-25, 24-26, dan 19-25.

Shum Lam menjadi momok menakutkan buat Indonesia yang dihuni para pemain muda. Dia menjadi pencetak poin terbanyak dengan 18 angka.

"Saya masih sedikit gugup, tetapi saya sangat senang bisa memenangi pertandingan hari ini."

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada pelatih dan rekan satu tim atas dukungan yang diberikan kepada saya dan kepada federasi atas kepercayaan yang diberikan," ujar Shum Lam.

Hong Kong memang tampil jauh lebih baik ketimbang Indonesia. Mereka menyusun serangan melalui setter Fung Tsz Yan. Lalu, Chim Wing Lam dan Shum Lam punya kecepatan dalam mengatur ritme serangan.

Sementara itu, Indonesia sebetulnya tak begitu inferior. Runner-up AVC Challenge Cup 2023 menunjukkan permainan apik pada set pertama.

Kemampuan passing bagus dan konversi peluang menjadi poin yang efektif membuat Hong Kong sempat kewalahan.

Bela Sabrina Agustina dan rekan-rekan hanya kalah tiga poin di set pertama dengan skor 22-25.

Permainan Indonesia semakin berkembang pada set kedua. Mereka sudah menemukan tempo permainan dan cara meraih poin. Selain itu, sisi defensif Indonesia tampak konsisten dengan penerimaan lebih baik daripada set pertama.

Skema itu membuat pertandingan berlangsung ketat. Terlihat pada pengujung set kedua, kedua tim bermain imbang 23-23 hingga deuce 24-24.

Sayang, upaya apik Indonesia belum mampu mengamankan set kedua. Pasukan Pedro Lilipay kalah 26-24.

Pada set ketiga, konsistensi Indonesia kembali membuat Hong Kong kerepotan. Namun, Hong Kong mendapatkan momen menjauh saat fokus Indonesia menurun pada pengujung set terakhir.

Alhasil, Indonesia kembali gagal memenangi set usai takluk 25-19.

Berikutnya, Timnas Voi Indonesia akan menghadapi Singapura pada Jumat, 24 Mei 2024.

Selain Hong Kong dan Singapura, Indonesia juga satu grup dengan juara AVC Challenge Cup 2023, Vietnam, dan Kazakstan.