Bagikan:

JAKARTA - Timnas Voli Putri Indonesia menelan kekalahan kedua pada laga ketiga Pool B AVC Challenge Cup 2024.

Tim Merah-Putih takluk 0-3 melawan Kazakstan dengan skor 17-25, 13-15, dan 22-25 pada laga Sabtu, 25 Mei 2024.

Kazakstan tampil superior dengan permainan memukau Zhanna Syroyeshkina. Dia mencetak 23 poin pada laga di Rizal Memorial Coliseum, Manila, Filipina.

Sebanyak 19 poin Syroyeshkina dihasilkan dari serangan dan empat lainnya merupakan service ace.

"Saat kami sedikit tidak terorganisasi, pelatih kami mengingatkan kami untuk bersantai, dan mengambil kesempatan untuk mengatur ulang fokus kami," kata pemain 23 tahun itu.

Indonesia sejatinya bermain apik. Hanya saja, mereka terlambat panas.

Baru pada set ketiga Bela Sabrina Agustina dan kolega bisa memberikan perlawanan sengit. Koordinasi mereka mulai berjalan baik.

Meski demikian, kebangkitan Timnas Voli Indonesia tetap tak bisa mengamankan set ketiga.

Pasalnya, Kazakstan berhasil bangkit dan mendapat momentum untuk menghentikan perlawanan Indonesia untuk menutup set ketiga sekaligus laga.

Kristina Belova menjadi aktor penting Kazakstan mengamankan gim ketiga sekaligus memenangi laga 3-0.

"Kunci kemenangan ini sebenarnya adalah kerja sama tim, bagaimana kami saling membantu, mengetahui bahwa kami sangat ingin menang setelah kalah kemarin (dari Vietnam)," ujarnya.

Syroyeshkina dan Belova termasuk generasi baru pemain Kazakstan yang belajar dari anggota tim yang lebih berpengalaman alias seniornya.

Mereka sudah menunjukkan tajinya untuk mengambil perannya di tim utama Kazakstan.

"Saya ingin belajar dari para pemain senior saya, seperti Sana Anarkulova dan Irina Kuznetsova. Saya selalu memerhatikan bagaimana mereka bergerak dan membimbing tim."

"Saya senang berada di sini dan memiliki kesempatan bermain untuk Kazakstan. Itu membuat saya bangga dan merasa terhormat bisa mewakili bendera ini di dada saya," kata Belova.

Kazakstan akan menghadapi Hong Kong pada laga terakhir Pool B AVC Challenge Cup 2024, Minggu, 26 Mei 2024. Kedua tim akan berebut tempat dua besar agar bisa lolos langsung ke semifinal.

Kazakstan dan Hong Kong sama-sama mengoleksi enam poin dari tiga laga dengan dua kemenangan dan satu kekalahan.

Sementara itu, Timnas Voli Putri Indonesia akan melawan pemuncak klasemen Pool B, Vietnam, di partai pemungkas pada Minggu, 26 Mei 2024.

Saat ini, Indonesia ada di peringkat keempat klasemen dengan tiga poin dari hasil satu kemenangan dan dua kekalahan. Satu-satunya kemenangan Tim Merah-Putih dicetak saat bertemu Singapura dengan skor 3-0.

Anak asuh Pedro Lilipaly kemungkinan besar hanya bisa tampil untuk perebutan peringkat kelima AVC Challenge Cup 2024.