Bagikan:

JAKARTA – Target Timnas Voli Putra Indonesia di AVC Challenge Cup 2024 meleset setelah finis sebagai peringkat ketiga di klasemen grup.

Finis sebagai juru kunci klasemen grup harus dirasakan Indonesia setelah kalah 0-3 (17-25, 15-25, 17-25) pada laga terakhir Grup C melawan Qatar di Isa town, Bahrain, Selasa, 4 Juni 2024, malam WIB.

Manajer Timnas Indonesia, Loudry Maspaitella, mengatakan penampilan Indonesia sebenarnya telah membaik sekalipun kalah. Pasalnya, pemain-pemain tidak demam panggung lagi seperti saat melawan Korea Selatan.

"Secara permainan lumayan bisa mengimbangi Qatar di lapangan. Anak-anak tidak lagi demam panggung, tidak seperti lawan Korea Selatan di pertandingan pertama," kata Loudry Maspaitella.

Ini merupakan kekalahan kedua buat Indonesia dari dua laga grup ajang tersebut. Sebelumnya di pertandingan perdana melawan Korea Selatan, Indonesia juga kalah dengan skor yang sama 0-3.

Dua hasil grup ini otomatis membuat Indonesia tidak mendapat angka sama sekali. Mereka berada di belakang Korea Selatan di posisi pertama dengan lima poin dan Qatar di tempat kedua dengan empat poin.

Posisi di grup tersebut membuat Indonesia gagal melangkah ke babak playoff. Namun, Indonesia masih akan melakoni laga melawan Filipina untuk perebutan tempat 9-12.

Pertandingan melawan Filipina itu akan berlangsung pada Rabu, 5 Juni 2024. Jika menang maka Indonesia maju ke perebutan peringkat sembilan. Seandainya kalah maka akan berebut peringkat ke-11.

Peringkat di atas jelas keluar dari target yang diberikan oleh Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI).

Pada saat melepas pemain ke Bahrain pada Kamis, 30 Mei 2024, induk voli nasional itu menargetkan tim tembus peringkat keenam.

PBVSI tidak bisa mengirim tim terbaik ke ajang ini melainkan hanya pemain-pemain belia. Skuad yang berangkat tanpa ada nama-nama, seperti Rivan Nurmulki, Farhan Halim, dan Fahri Septian.

Sebagian pemain adalah bagian dari tim U-20 yang dipersiapkan tampil pada Kejuaraan Asia U-20 di Surabaya, Juli 2024.

Mayoritas dari mereka ialah anggota skuad dari tim Jakarta Garuda Jaya yang bermain di Proliga 2024. Turnamen AVC Challenge Cup 2024 digunakan sebagai persiapan untuk Kejuaraan Asia U-20.

"Kami berharap tim U-20 bisa berkontribusi lebih banyak sebab anak-anak ini yang dipersiapkan untuk Kejuaraan Asia U-20 pada Juli 2024 di Surabaya," kata Loudry.

Skuad AVC Challenge Cup 2024 terpaksa diisi oleh pemain belia karena pemain-pemain senior tidak dilepas oleh klub mereka yang tengah menjadi kontestan Proliga 2024.