Bagikan:

JAKARTA - Timnas Voli Putra Indonesia berhasil mengamankan peringkat ke-11 AVC Challenge Cup 2024 setelah mengalahkan China Taipei 3-0 di Isa Town, Bahrain, Jumat, 7 Juni 2024.

Indonesia yang diperkuat pemain muda tampil dominan atas China Taipei yang juga dihuni beberapa nama muda.

Pada set pertama, Indonesia berhasil mengamankan set dengan skor ketat 26-24. Laga berlangsung sengit dengan kejar-mengejar angka.

Bahkan, skor sempat seri 24-24 sehingga terjadi deuce. Pada momen krusial ini, Indonesia berhasil tampil fokus untuk mencetak dua angka beruntun.

Kemudian, set kedua kembali menjadi milik Indonesia. China Taipei mengalami penurunan performa.

Tim Merah-Putih sempat unggul jauh 21-17. China Taipei menemukan kembali performanya pada pengujung poin dengan mendekat 20-22.

Beruntung, Indonesia menyetop perolehan poin lawan di angka 21 dan melaju hingga skor 25-21.

Pada set ketiga, China Taipei mencoba bangkit. Kejar-mengejar angka bahkan terjadi dari awal poin deuce 24-24. Selisih terjauh hanya dua poin yang terjadi ketika Indonesia unggul 17-15.

Seakan tak ingin melepas set ketiga begitu saja, China Taipei kembali membuat deuce saat menyamakan kedudukan 25-25.

Konsentrasi di poin krusial menjadi pembeda. Indonesia punya fokus lebih baik sehingga mengambil dua angka terakhir untuk mengamankan set ketiga sekaligus pertandingan.

Kemenangan 3-0 atas China Taipei membawa Indonesia menempati peringkat ke-11 di AVC Challenge Cup 2024.

Perjalanan Indonesia dengan skuad muda ini terbilang terjal. Mereka sudah menemui unggulan, Korea Selatan dan Qatar di Pool C.

Kekalahan dari dua pertandingan fase grup itu membuat Indonesia menjadi juru kunci dan hanya berhak memperebutkan peringkat kesembilan turnamen.

Sayang, mereka takluk dari Filipina 1-3 dalam perjalanan perebutan peringkat kesembilan sehingga terlempar ke perebutan tempat ke-11.