Bagikan:

JAKARTA — Pasangan ganda campuran Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati menghadapi laga sengit tiga gim untuk melewati babak pertama Thailand Open 2024.

Unggulan ketujuh turnamen tersebut menghabiskan waktu selama 64 menit untuk menghentikan Wang Chan/Shin Seung Chan dengan skor 21-17, 17-21, dan 21-12, pada Selasa, 14 Mei 2024, malam WIB.

Kemenangan atas pasangan Korea Selatan itu membuat Rehan/Lisa menjadi wakil pertama Indonesia yang lolos ke babak kedua turnamen berlevel Super 500 BWF ini dari 14 wakil Indonesia yang dikirim ke sana.

"Untuk bahan evaluasi menghadapi pertandingan (babak) kedua, tadi pertahanan saya masih sering bolong. Benar-benar tidak ada tekanan."

"Kami harus belajar lagi, bagaimana caranya agar saya bisa lebih tenang lagi di lapangan," kata Lisa usai laga.

Rehan/Lisa mendapat perlawanan yang sangat berat sejak gim pertama. Mereka harus berjuang bangkit dari ketertinggalan empat poin 10-14 untuk memenangi gim tersebut.

Awal yang menjanjikan sempat diperlihatkan oleh Rehan/Lisa pada gim kedua setelah mereka mencuri tiga poin pertama. Namun, kejar-mengejar angka terjadi setelahnya dan lawan kemudian unggul 12-8.

Tiga angka berturut-turut yang dihasilkan pasangan Indonesia untuk memangkas skor dan sempat menghidupkan harapan laga akan selesai dalam dua gim. Akan tetapi, duel ketat itu kemudian dimenangi lawan.

Penampilan yang sangat dominan ditunjukkan oleh Rehan/Lisa pada gim penentuan. Kehilangan dua poin pada awal gim tidak menjadi mimpi buruk bagi pasangan tersebut.

Dua angka balasan membuat laga diperkirakan akan berjalan panas seperti dua gim sebelumnya. Namun, setelah kedudukan 4-4, laju Rehan/Lisa tidak bisa dibendung lagi.

"Syukur di gim ketiga kami berubah dengan tampil lebih menekan. Saya dan Rehan juga berkomunikasi terus untuk saling mengingatkan. Akhirnya, sedikit demi sedikit poin kami bisa unggul dan menang. Lawan juga jadi tertekan terus," ujar Lisa.

Laga tiga gim juga dijalani oleh Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja yang turun melawan pasangan tuan rumah, Pakkapon Teeraratsakul/Phataimas Muenwong.

Pasangan unggulan keenam ini menelan kekalahan pada gim pertama sebelum bangkit di dua gim berikutnya untuk mendapat tiket babak kedua menyusul rekan mereka Rehan/Lisa.