Bagikan:

JAKARTA -Pertandingan kedua babak semifinal Liga Champions pekan ini akan digelar di Parc des Princes, Selasa 7 Mei atau Rabu dini hari WIB. Paris Saint-Germain dan Borussia Dortmund akan kembali bertemu enam hari setelah berhadapan di Signal Iduna Park.

Kali ini pasukan Edin Terzic datang ke ibu kota Prancis dengan keunggulan 1-0 dari leg pertama, berkat gol Niclas Fullkrug, sementara PSG menyesali sejumlah peluang yang terbuang sia-sia di depan pendukung lawan.

Selanjutnya Real Madrid atau Bayern Munich akan menanti sang pemenang di Stadion Wembley jika Dortmund berhasil mempertahankan atau memperbesar keunggulan tipis mereka, sambil memupus impian PSG untuk meraih gelar Liga Champions lagi.

Dilihat dari rekor pertemuan kedua tim, keduanya memiliki rekor sama kuat.

Rekor Head-to-Head

Pertemuan sebelumnya: 7

Kemenangan PSG: 2

Imbang: 3

Kemenangan Dortmund: 2

Leg pertama babak semifinal pekan lalu merupakan pertemuan ketujuh antara PSG dan Dortmund di panggung Eropa, dan tidak ada satu pun tim yang bisa mengklaim lebih superior di mana masing-masing tim memiliki dua kemenangan dan tiga kali imbang.

Gol tajam Fullkrug pekan lalu memberikan Dortmund kemenangan kedua mereka atas juara Prancis tersebut, namun skor 1-0 tidak mencerminkan aksi cepat di lapangan Westfalenstadion, di mana PSG melepaskan 14 tembakan tetapi hanya mengarahkan lima di antaranya ke gawang.

Dortmund kini memasuki pertandingan Selasa dengan rentetan rekor tak terkalahkan dua pertandingan melawan PSG, di mana mereka juga bermain imbang 1-1 di Signal Iduna Park dalam fase grup musim ini, tetapi kunjungan ke Paris sering kali tidak berbuah hasil.

Memang, Les Parisiens menang 2-0 di turnamen ini berkat gol dari Achraf Hakimi dan Kylian Mbappe, sedangkan Neymar dan Juan Bernat mencetak gol saat kemenangan serupa pada babak 16 besar musim 2019-20, tepat sebelum pandemi COVID-19 menghentikan sepak bola.

Sementara Dortmund memenangkan leg pertama pada babak 16 besar tersebut dengan skor 2-1 di kandang, sehingga PSG sudah terbiasa dengan membalikkan defisit melawan lawan Dortmund dan sudah memanfaatkan kekuatan pemulihan mereka sekali musim ini untuk mengeliminasi Barcelona dari kompetisi.

Sebelum bertemu di Liga Champions, duel perdana PSG dan Dortmund terjadi dalam fase grup Liga Europa 2010-11, di mana pertemuan pertama kala itu Nuri Sahin dan Clement Chantome mencetak gol dalam hasil imbang 1-1 di Jerman.

Berikutnya, di Paris berlangsung hasil imbang tanpa gol, artinya BVB belum pernah menang atau bahkan mencetak gol dalam pertandingan tandang melawan juara Ligue 1 ini, dan keempat kemenangan dalam head-to-head ini selama ini diraih oleh tim tuan rumah.

Dari 12 gol yang tercipta dalam pertemuan ini, Neymar dan Erling Haaland menjadi pencetak gol terbanyak dengan masing-masing dua gol, sementara bintang muda Karim Adeyemi dan Warren Zaire-Emery juga telah mencetak gol dan mungkin akan menjadi kunci bagi ambisi PSG untuk mencapai Wembley.

Pertemuan Sebelumnya

1 Mei 2024: Dortmund 1-0 PSG (Semifinal Liga Champions)

13 Desember 2023: Dortmund 1-1 PSG (Fase Grup Liga Champions)

19 September 2023: PSG 2-0 Dortmund (Fase Grup Liga Champions)

11 Maret 2020: PSG 2-0 Dortmund (Babak 16 Besar Liga Champions)

18 Februari 2020: Dortmund 2-1 PSG (Babak 16 Besar Liga Champions)

4 November 2010: PSG 0-0 Dortmund (Fase Grup Liga Europa)

21 Oktober 2010: Dortmund 1-1 PSG (Fase Grup Liga Europa)