Bagikan:

JAKARTA - Timnas Wanita Indonesia U-17 menuai hasil pahit pada laga perdana Piala Asia Wanita U-17 2024 di Bali. Garuda Pertiwi tumbang 1-6 melawan Filipina U-17.

Pada laga yang digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Senin, 6 Mei 2024, malam WIB, keenam gol milik Filipina U-17 disumbangkan Alexa Pino (6', 35'), Jael Guy (22'), Ariana Markey (29'), dan Natalie Collins (54', 62'). Sementara gol tunggal Indonesia U-17 dicetak Claudia Scheunemann (12').

Meski tampil di kandang Timnas Wanita Indonesia U-17, pergerakan pemain Filipina U-17 tak canggung. Sejak menit awal mereka mendominasi serangan.

Pada tiga menit awal, dua percobaan membobol gawang Indonesia U-17 dilakukan melalui Pino. Beruntung, masing-masing tembakannya melebar dan bisa ditangkap kiper Gadizha Asnanza.

Namun, pada menit keenam, kebuntuan Filipina U-17 pecah. Sundulan Pino berbuah manis dan membuka angka 1-0.

Keunggulan awal berhasil dibalas Indonesia U-17 pada menit ke-12. Tembakan keras Scheunemann dari luar kotak penalti bersarang di gawang Gabrielle Baker yang membuat skor seri 1-1.

Satu menit berselang, Filipina U-17 kembali mengancam lewat tendangan Tea Pidding yang masih bisa diselamatkan Gadizha. Setelah itu, serangan bertubi-tubi melanda pertahanan Indonesia U-17.

Kali ini, Guy menjadi pencetak gol pada menit ke-22. Ia berhasil memanfaatkan umpan matang Kieran Bradley untuk menaklukkan Gadizha. Skor kembali berubah pada menit ke-29 ketika tembakan jarak jauh Markey merobek jala gawang Indonesia U-17 dan membuat Filipina U-17 unggul 3-1.

Setelah tertinggal dua gol, Garuda Pertiwi berusaha dikejar pada menit ke-34 lewat sepakan jarak jauh Kikka Putri. Namun, Baker masih bisa menjaga gawangnya dengan baik.

Alih-alih menambah gol, Timnas Wanita Indonesia U-17 malah kembali kembali kebobolan oleh Pino pada menit ke-35. Skor menjadi 1-4 untuk keunggulan Filipina U-17 bertahan hingga rehat.

Selepas turun minum, Garuda Pertiwi kembali digempur oleh Filipina U-17. Gol kelima tim tamu tercipta pada menit ke-54. Umpan matang berhasil diselesaikan Collins dengan baik untuk membawa timnya memimpin 5-1.

Dengan jarak cukup jauh, upaya tuan rumah mengejar jadi sangat sulit. Filipina U-17 malah semakin percaya diri dengan menambah gol keenam pada menit ke-62.

Kali ini, Collins menyusul Pino untuk mencatatkan brace yang juga mengantarkan Filipina U-17 unggul 6-1 atas Indonesia U-17 hingga akhir laga.