Bagikan:

JAKARTA - Borussia Dortmund dan Atletico Madrid akan bertarung kembali untuk mendapatkan tempat di semifinal Liga Champions pada Selasa malam, 17 April atau Rabu dini hari WIB. Atletico memiliki keunggulan tipis untuk dipertahankan, setelah mencatat kemenangan 2-1 di leg pertama di Stadion Wanda Metropolitano, pada leg pertama namun laga kedua ini sangat menarik karena digelar di Signal Iduna Park.

Dortmund kalah karena tertinggal dari dua Atletico, dari Rodrigo De Paul dan Samuel Lino yang membawa tim Spanyol tersebut di leg pertama. Namun di leg kedua BVB berjanji tampil lebih baik di kandangnya.

Tim asuhan Edin Terzic akan memasuki pertandingan ini setelah meraih kemenangan 2-1 atas Borussia Monchengladbach di Bundesliga, di mana hasil tersebut membuat mereka berada di posisi kelima dalam klasemen, sama dengan poin dengan RB Leipzig di peringkat keempat.

Dortmund berhasil melaju dari babak 16 besar kompetisi ini, dengan agregat kemenangan 3-1, dan mereka juga menunjukkan penampilan impresif di babak grup. Mereka mampu finis di atas Paris Saint-Germain untuk memuncaki Grup F, dan membuat AC Milan tersingkir ke Liga Europa.

BVB belum pernah melampaui perempat final Liga Champions sejak mencapai final pada musim 2012-13, dan akhirnya kalah 2-1 dari Bayern Munchen. Mereka bahkan tersingkir dari turnamen musim lalu di babak 16 besar dari Chelsea.

Atletico harus lebih berhati-hati karena jaminan kemenangan 2-1 belum membuat mereka aman karena gol tandang BVB bisa membuat  perbedaan di leg kedua, jika tuan rumah mampu unggul tipis di kandangnya.

Tim asuhan Diego Simeone ini telah menunjukkan respons yang mengesankan dalam laga domestik mereka beberapa pekan terakhir. Setelah kekalahan 3-0 mereka dari Barcelona sebelum jeda internasional, Atletico mampu memenangkan dua pertandingan terakhir mereka di liga melawan Villarreal dan Girona di sela-sela kemenangan atas Dortmund.

Atletico mengalahkan Girona 3-1 di La Liga pada Sabtu, dan mereka berada di posisi keempat dalam klasemen, unggul lima poin dari Athletic Bilbao di posisi kelima. Tim ini sangat berpeluang untuk merebut posisi empat besar di La Liga dan mempertahankan tradisi ke Liga Champions musim depan.

Sebelumnya Atletico juga mengalahkan Inter Milan secara impresif di babak 16 besar kompetisi ini, memenangkan adu penalti setelah kedua tim imbang 2-2 setelah leg kedua.

Tim ibu kota ini tidak terkalahkan di babak grup, dengan mengumpulkan 14 poin dari enam pertandingan mereka untuk memuncaki sebuah grup yang melibatkan Lazio, Feyenoord, dan Celtic.

Namun Atletico gagal lolos dari babak grup Liga Champions musim lalu, sementara mereka tidak pernah melewati delapan besar sejak melawan Real Madrid di semifinal kembali pada musim 2016-17.

Untuk pasukan yang akan diturunkan, Diego Simeone, pelatih kepala Atletico Madrid, kemungkinan akan memilih tim yang tidak berubah dari leg pertama perempat final Liga Champions melawan Borussia Dortmund untuk pertandingan kembali di Jerman.

Namun mereka akan kehilangan tiga pemain karena cedera, pasalnya Memphis Depay, Thomas Lemar, dan Marcos Paulo tidak tersedia untuk dipilih. Saul Niguez, terpaksa keluar pada babak kedua pertandingan melawan Girona di La Liga pada Sabtu, dan pemain asal Spanyol itu kemungkinan besar juga absen.

Pablo Barrios akan kembali masuk dalam skuad, setelah absen melawan Girona karena akumulasi, dan akan ada beberapa perubahan di tim yang memulai pertandingan terakhir di liga.

Jose Gimenez, Cesar Azpilicueta, Marcos Llorente, Axel Witsel, Samuel Lino, dan Alvaro Morata semuanya diprediksi akan kembali masuk dalam starting XI untuk pertandingan di Jerman.

Antoine Griezmann mencetak dua gol melawan Girona pada Sabtu, dipastikan akan menjadi starter di bagian depan lapangan.

Mario Hermoso membuat penampilan kembali dari cedera pada pertandingan terakhir, tetapi ia diharapkan akan duduk di bangku cadangan untuk pertandingan ini, di mana Gimenez, Azpilicueta, dan Witsel tampil sebagai tiga bek belakang.

Sementara itu Borussia Dortmund berharap dapat menggunakan Jadon Sancho pada Selasa malam. Penyerang pinjaman Manchester United itu sebelumnya absen melawan Borussia Monchengladbach di Bundesliga pada Sabtu karena sakit. Namun ia diharapkan akan kembali masuk dalam skuad untuk pertandingan ini.

Sebastien Haller yang mengalami cedera dalam pertandingan terakhir tim,  kemungkinan akan absen pada Selasa malam. Begitu pula dengan Ramy Bensebaini, pasti absen karena masalah lutut, tetapi Donyell Malen yang sudah pulih akan menjadi pertimbangan untuk mulai bermain di sini.

Malen adalah pencetak gol terbanyak tim musim ini dengan 13 gol, dan pemain 25 tahun itu bisa tampil di baris depan bersama Sancho dan Niclas Fullkrug, yang telah mencetak 12 gol musim ini.

Julian Brandt masuk sebagai pengganti paruh pertama melawan Atletico di leg pertama, dan sekarang ia berusaha untuk terlibat di lini tengah dari menit pertama dalam pertandingan ini.

Marcel Sabitzer dan Emre Can pasti akan tampil di tengah untuk tim tuan rumah, sementara Julian Ryerson, yang arguabel menjadi pemain terbaik tim dalam leg pertama perempat final, akan kembali bermain sebagai bek kanan. Ian Maatsen, bek pinjaman dari Chelsea, juga akan kembali tampil sebagai starter di sisi kiri dari empat bek.

Prakmiraan Susunan Pemain:

Borussia Dortmund: Kobel; Ryerson, Hummels, Schlotterbeck, Maatsen; Sabitzer, Can, Brandt; Sancho, Fullkrug, Malen

Atletico Madrid: Oblak; Witsel, Gimenez, Azpilicueta; Molina, Llorente, Koke, De Paul, Lino; Griezmann, Morata