Bagikan:

JAKARTA - San Antonio Spurs berhasil menciptakan comeback spektakuler ketika melawan Denver Nuggets dengan skor akhir 121-120 di kandang sendiri pada Jumat atau Sabtu 13 April pagi WIB. Pemain cadangan yang jarang dimainkan, Devonte Graham, menjadi pahlawan dengan menembakkan jumper penentu hanya tersisa 0,9 detik.

Kekalahan ini membuat Nuggets (56-25) terjatuh ke posisi tiga teratas di Wilayah Barat bersama dengan Minnesota Timberwolves dan Oklahoma City Thunder, hanya menyisakan satu pertandingan lagi di musim reguler bagi keduanya.

Denver mengambil kendali pada kuarter kedua yang dominan, menahan ledakan serangan dari Victor Wembanyama Spurs di pertengahan kuarter ketiga, dan unggul 13 angka menuju kuarter keempat. Namun, Spurs berhasil menyusul dengan cepat dengan serangkaian 14-2 yang ditutup dengan jumper oleh Sandro Mamukelashvili, mengurangi defisit menjadi 109-104 dengan tersisa 5 menit 59 detik.

Tiga poin oleh Graham diikuti dengan tembakan layup oleh Tre Jones membuat Spurs hanya terpaut satu angka dengan 1 menit 48 detik tersisa. Namun, Aaron Gordon berhasil melakukan tip-in setelah bola yang gagal dari Nikola Jokic dengan 1 menit 19 detik tersisa, memperbesar keunggulan Nuggets menjadi 120-117.

Graham kemudian berhasil mencetak layup, dan setelah Jokic gagal melakukan tembakan, dia berhasil menembakkan poin penentu dari rebound dan assist yang diberikan oleh Jones. Nuggets masih punya kesempatan terakhir, namun setelah kedua tim melakukan timeout, mereka tidak berhasil melakukan inbound dalam waktu lima detik dan bola itu menjadi milik Spurs.

Wembanyama menjadi bintang utama dengan mencetak 34 poin, 12 rebound, lima assist, dan dua block untuk memimpin Spurs (21-60), termasuk 17 poin dalam waktu kurang dari tiga menit di kuarter ketiga.

Mamukelashvili menambahkan 21 poin musim terbaiknya bersama dengan 12 rebound, Zach Collins mencetak 15 poin, Jones dan Julian Champagnie masing-masing mencetak 14 poin, dan Graham mencetak 11 poin.

[/see_also]

Sementara itu, Jamal Murray memimpin Nuggets dengan 35 poin, diikuti oleh Jokic dengan 22 poin, 12 assist, dan tujuh rebound. Michael Porter Jr. mencetak 14 poin, Gordon memiliki 13 poin, dan Christian Braun mencetak 11 poin.

Nuggets hanya unggul 43-41 setelah jumper turnaround Collins dengan 6 menit 42 detik tersisa di kuarter kedua, tetapi mereka berhasil memperbesar keunggulan dengan serangkaian 10-0 selama tiga menit berikutnya. Nuggets berhasil membatasi Spurs hanya mencetak 18 poin di kuarter tersebut dan membawa keunggulan 68-50 saat jeda.

Poin Murray sebanyak 21 pada paruh pertama menjadi yang tertinggi di antara semua pemain. Sedangkan Wembanyama memimpin Spurs dengan 15 poin dan delapan rebound serta menerima technical foul pertamanya dalam karirnya pada paruh pertama.