Bagikan:

JAKARTA - Manchester City akan menjamu Luton Town di Stadion Etihad pada Sabtu 13 April pukul 21.00 WIB. Tambahan tiga poin menjaga asa mereka untuk bersaing dalam perebutan juara Premier League 2023/2024 yang kini menyisakan tujuh pertandingan liga.

Manajer Manchester City, Pep Guardiola menekankan anak asuhnya untuk tidak kehilangan poin di momen krusial perebutan Liga Inggris musim ini. Terpeleset, apalagi di kandang sendiri, bisa membuyarkan harapan City untuk mempertahankan gelar Liga Inggris empat musim beruntun.

“Pertandingan lawan Luton adalah fokus kami. Premier League memasuki fase krusial dan kami harus memastikan diri siap," ujar Guardiola dalam konferensi pers jelang pertandingan.

“Kami sudah bekerja keras selama 11 bulan untuk merebut gelar, sehingga menjaga poin kami adalah hal yang krusial," tambahnya.

Dengan 70 poin dari 31 pertandingan, City berada di peringkat ketiga, hanya terpaut satu poin dari Liverpool di peringkat kedua dan Arsenal di puncak dengan 71 poin. Jika berhasil mengalahkan Luton, City berpotensi memimpin klasemen, setelah Arsenal dan Liverpool baru akan bertanding pada Minggu.

Sementara itu, Luton Town berada di peringkat ke-18 masih membutuhkan poin untuk menjaga asa lolos dari zona degradasi. Tim berjuluk The Haters itu berhasil mengakhiri rentetan pertandingan tanpa kemenangan dengan mengalahkan Bournemouth akhir pekan lalu.

Dari susunan pemain, The Citizen akan tampil tanpa Kyle Walker karena cedera paha dan Nathan Ake yang mengalami cedera betis. Mereka kemungkinan akan bermain dengan formasi 4-2-3-1, dengan Ederson Moraes berada di bawah mistar gawang.

Manuel Akanji dan Josko Gvardiol akan bermain sebagai bek sayap, membantu pertahanan dan penyerangan, mengawal Ruben Dias dan John Stones yang bermain di jantung pertahanan.

Rodri dan Mateo Kovacic akan menjadi double pivot di lini tengah, dengan fokus menjaga rimte permainan. Kevin De Bruyne akan bermain sebagai gelandang serang sentral, mengandalkan kreativitas, umpan dan visinya.

De Bruyne (32) yang mengalami cedera awal musim ini berharap bisa tampil baik di sisa musim. Gelandang Belgia itu menunjukkan performa apik melawan Crystal Palace meski absen melawan Real Madrid di pertengahan pekan lalu.

Bernardo Silva dan Jeremy Doku akan bermain di area sayap untuk menambah kreativitas. Sementara itu, Erling Haaland akan memimpin lini depan Manchester City.

Sementara itu, di kubu Luton, manajer Rob Edwards kembali mengandalkan formasi 3-4-2-1 dengan Thomas Kaminski di bawah mistar. Reece Burke, Teden Mengi, dan Daiki Hashioka menjadi bermain trio lini belakang. Fred Onyedinma dan Alfie Doughty akan menjadi bek sayap.

Jordan Clark akan memberikan perlindungan pertahanan di lini tengah, sementara Ross Barkley berupaya menciptakan peluang dari lini tengah. Tahith Chong dan Andros Townsend akan dimulai sebagai gelandang serang. Sementara Carlton Morris menjadi ujung tombak tim tamu.

Manchester City belum terkalahkan dalam 16 pertandingan terakhir mereka di Premier League. Dari rekor pertemuan kedua tim, City telah mencetak delapan gol dalam dua pertandingan terakhir mereka melawan Luton Town.

Sementara itu, Luton Town tak menang dalam lima dari enam pertandingan terakhir mereka di liga. Luton Town juga kebobolan 11 gol dalam enam pertandingan terakhir mereka.

Tim tamu mungkin memiliki semangat dan ambisi untuk meraih kemenangan di markas City, tetapi hal itu tentunya bukan hal mudah. Apa lagi City juga sedang berjuang untuk mempertahankan gelar. Manchester City yang berada dalam performa gemilang dan belum terkalahkan, menjadi favorit pemenang dalam laga ini.