Bagikan:

JAKARTA - Pasangan ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldy dan Pitha Haningtyas Mentari, harus mengakhiri perjalanan mereka di Kejuaraan Bulu Tangkis Asia (BAC) 2024 setelah dikalahkan oleh juara dunia, Seo Seung Jae dan Chae Yu Jung, pada babak 16 besar yang digelar di Ningbo, China, pada Kamis 11 April.

Dalam pertandingan yang berlangsung, Rinov/Pitha takluk dalam dua gim langsung dengan skor 18-21, 14-21. Menurut Rinov, faktor utama dari kekalahan mereka adalah banyaknya kesalahan sendiri yang mereka buat, yang akhirnya memberikan poin mudah bagi lawan.

"Hasil ini memang tidak seperti yang kami harapkan. Sebenarnya di gim pertama, sampai poin 9, kami bisa bermain baik. Setelah itu, kami malah banyak melakukan kesalahan. Banyak mati sendiri," ujar Rinov.

Pasangan ganda campuran peringkat 15 dunia itu juga mengungkapkan bahwa sebenarnya ada peluang bagi mereka meraih kemenangan di gim pertama, namun kurangnya konsistensi dalam menjaga momentum menjadi kendala.

“Tadi sebenarnya ada kesempatan untuk bisa meraih kemenangan di gim pertama. Cuma kami masih kurang konsisten dibanding lawan. Kami masih banyak melakukan kesalahan sendiri di poin-poin kritis,” ujar Rinov.

Di gim kedua, meskipun sempat memimpin pada awal-awal gim, Rinov/Pitha tidak mampu mempertahankan keunggulan tersebut karena kurangnya konsistensi, sehingga Seo/Chae berhasil merebut kemenangan secara cepat.

“Di gim kedua, kejadiannya juga hampir mirip. Sempat memimpin di awal-awal gim, tapi karena kurang konsisten, kami kalah. Masih kerap melakukan kesalahan. Intinya, dibanding lawan, kami kalah konsisten,” kata Rinov.

Sementara itu, masih ada lima wakil Indonesia lainnya yang akan bertanding di babak kedua BAC 2024. Di antaranya, Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja dan ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto akan berhadapan dengan wakil Korea Selatan dan Taiwan.

Di sektor tunggal putri, Gregoria Mariska Tunjung akan menghadapi wakil Taiwan, sementara di sektor tunggal putra, Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie akan melawan wakil Uni Emirat Arab dan Hong Kong. Semua mata tertuju pada penampilan mereka untuk mewakili bangsa dan meraih prestasi di kancah internasional.