AC Milan Vs AS Roma: De Rossi Bikin Laga di Liga Europa Tak Mudah
Ac milan

Bagikan:

JAKARTA - AC Milan tercatat dua kali mengalahkan AS Roma di kompetisi Serie Italia. Namun laga di perempat final Liga Europa d Stadion San Siro, Jumat, 12 April 2024 dini hari WIB, bakal berbeda. Pelatih anyar Roma Daniele De Rossi menjadikan Milan bakal melakoni laga yang tak mudah.

Perubahan pada Roma dengan kehadiran De Rossi yang menggantikan pelatih Jose Mourinho. Ini yang menjadikan Milan waswas.

Bagaimana tidak, Milan selalu bisa mengatasi Roma saat masih di bawah penanganan Mourinho. Bahkan kemenangan 3-1 Milan pada Januari 2024 berujung dengan diberhentikannya Mourinho.

De Rossi yang menggantikan Mourinho ternyata sukses membenahi Giallorossi. Tim hanya sekali kalah dari 11 pertandingan di berbagai kompetisi.

Satu-satunya kekalahan dialami Roma saat mereka dipaksa menyerah oleh pimpinan klasemen Liga Italia, Inter Milan.

"Mereka [Roma] dalam kondisi terbaik. Mereka mampu membalikkan keadaan dan menang dalam derby [della Capitale melawan Lazio]. Mereka hanya kalah saat melawan Inter," kata pelatih Milan Stefano Pioli.

"Sejak kepergian Mourinho, mereka sudah banyak berubah. Karena itu kami sudah tak menyaksikan kembali pertandingan mereka saat melawan kami di liga. Kami menonton pertandingan mereka sejak De Rossi ada di bench," ujarnya.

Menurut Pioli Roma sudah banyak berubah. Mereka juga terus merangsek ke papan atas dan kini bersaing memperebutkan satu posisi di empat besar demi mendapatkan tiket ke Liga Champions.

Kini, Roma menduduki peringkat lima dan terpaut tiga poin dengan Bologna yang menduduki peringkat empat.

De Rossi berhasil mengubah Roma menjadi salah satu tim kuat di Serie A. Ini yang menjadikan duel sesama tim Italia kian tak mudah bagi Pioli.

"De Rossi melakukan pekerjaan luar biasa. Saya tidak bicara mengenai gaya bermain mereka. Tetapi bagaimana tim itu berubah total menjadi sangat solid," kata Pioli.

"Saat menghadapi Roma bersama Mourinho saja sudah sulit. Laga ini pun bakal tak mudah. Saya pun tak tahu pemain yang menjadi pilihan De Rossi," ucapnya.

Di laga itu, Milan kehilangan bek andalan Fikayo Tomori karena larangan bermain di UEFA. Namun gelandang serang Ruben Loftus-Cheek bisa bermain kembali. Pemain Inggris ini absen saat Milan menang 3-0 atas Lecce karena larangan bermain.

Loftus-Cheek menjadi andalan karena mampu menambah daya gedor tim. Dirinya sudah mencetak 11 gol dari 15 pertandingan di Liga Europa. Musim ini, dirinya sudah mengemas empat gol.

Roma akan mengandalkan centre forward Romelu Lukaku. Pemain pinjaman dari Chelsea ini mendapat topangan dari Paulo Dybala dan eks pemain depan Milan Stephan El Shaarawy.

Prakiraan Susunan Pemain

AC Milan (4-2-3-1): Maignan; Calabria, Kjaer, Gabbia, Hernandez; Adli, Reijnders; Pulisic, Loftus-Cheek, Leao; Giroud

AS Roma (4-3-3): Svilar; Celik, Mancini, Llorente, Angelino; Cristante, Paredes, Pellegrini; Dybala, Lukaku, El Shaarawy