Dramatis, Penalti Everton Gagalkan Kemenangan Newcastle
Pemain Newcastle United Alexander Isak merayakan gol di laga melawan Everton. Laga di Premier League Inggris itu berakhir imbang 1-1. (X/@NUFC)

Bagikan:

JAKARTA - Newcastle United gagal menang menjelang akhir pertandingan setelah bermain imbang 1-1 melawan Everton di Premier League Inggris di Stadion St James' Park, Rabu, 3 April 2024 dini hari WIB. Penalti Dominic Calvert-Lewin menjadikan Everton lolos dari kekalahan

Newcastle kehilangan kesempatan memperbaiki posisinya setelah kehilangan poin di laga kandang. Unggul lebih dulu, namun Newcastle gagal mempertahankannya saat menjelang akhir pertandingan.

Kegagalan meraih poin penuh menunda ambisi The Magpies untuk naik peringkat. Hasil imbang itu menjadikan Newcastle tetap menduduki peringkat delapan dengan poin 44.

Sementara, Everton terhindar dari kekalahan untuk keempat kalinya secara berturut-turut. Sebelumnya The Toffees harus mengakui keunggulan West Ham United, Manchester United dan Bournemouth

Rekor buruk itu berhasil dihentikan oleh tim asuhan Sean Dyce saat menyambangi markas Newcastle. Mereka secara perlahan mulai menjauh dari zona degadasi.

Tambahan satu poin itu membuat Everton naik satu strip dan menduduki peringkat 16 dengan poin 25. Mereka unggul empat poin dengan Luton Town yang menempati peringkat 18 atau posisi paling atas dari tim yang berada di zona degradasi.

Di pertandingan itu, Newcastle harus bekerja keras menghadapi permainan ngotot Everton. Posisi Everton yang kritis menjadikan mereka bertarung habis-habisan di kandang lawan.

Meski demikian, Newcastle mampu memecah kebuntuan di menit 15. Striker Alexander Isak sukses membobol gawang Everton setelah menyelesaikan umpan dari Harvey Barnes.

Setelah gol itu, tuan rumah mengalami kesulitan untuk memperbesar keunggulan. Meski penguasaan bola The Toon Army menjadi 65%, namun tidak ada peluang yang bisa dikonversi menjadi gol. Skor 1-0 untuk Newcastle bertahan sampai turun minum.

Memasuki babak kedua, Newcastle mengambil inisiatif menyerang. Mereka menekan pertahanan lawan dan sudah mendapat peluang untuk menambah gol.

Di menit 58, bek Newcastle Daniel Burn sukses menaklukkan kiper tim nasional Inggris Jordan Pickford. Namun wasit kemudian meninjau gol itu lewat VAR.

Hasilnya, Isak dinyatakan offside dalam proses terciptanya gol itu. Wasit Tony Harrington pun membatalkan gol Burn.

Newcastle selanjutnya tetap bermain menyerang meski usaha mereka tak membuahkan hasil. Beberapa peluang Newcastle selalu kandas di barisan pertahanan Everton.

Sebaliknya, Everton yang kalah dalam ball possession berhasil memanfaatkan celah untuk menyamakan kedudukan dari titik penalti.

Saat pertandingan memasuki menit 88, pemain Newcastle Paul Dummett melakukan pelanggaran dengan menjatuhkan gelandang veteran Ashley Young di kotak terlarang.

Wasit memutuskan meninjau insiden lewat VAR. Hasilnya Dummett dinyatakan melakukan pelanggaran dan wasit menunjuk titik putih.

Eksekusi penalti dituntaskan dengan baik oleh Calvert-Lewin. Meski sepakannya bisa dibaca kiper Martin Dubravka dan nyaris menjangkaunya, namun bola tetap meluncur ke gawang.

Ini merupakan gol keempat Calvert-Lewin musim ini sekaligus gol pertama sejak Oktober 2023. Skor berubah menjadi 1-1 dan bertahan sampai akhir laga.