Bagikan:

JAKARTA - Manchester City kembali gagal menang di laga Premier League Inggris. Bermain di kandang lawan di Stadion St James' Park, Sabtu, 28 September 2024 malam WIB, Man City bermain imbang 1-1 melawan Newcastle United. Penalti Anthony Gordon menyelamatkan Newcastle dari kekalahan di kandang sendiri.

Man City untuk kali kedua secara berturut-turut gagal mendapakan tiga poin. Pada laga pekan lalu, Man City yang bermain di hadapan pendukung nyaris tumbang sebelum akhirnya bermain imbang 2-2 melawan Arsenal. Dalam big match itu, Man City lolos dari kekalahan setelah bek John Stones berhasil mencetak gol sebelum pertandingan usai.

Hasil itu mengakhiri rekor kemenangan Man City di kompetisi domestik. Tim asuhan Pep Guardiola pun gagal menjauh dari kejaran para pesaingnya meski masih bertengger di puncak klasemen.

Saat melakoni laga tandang di pekan ini, Man City sesungguhnya berharap bangkit. Namun upaya mereka kembali gagal karena Newcastle berhasil memaksakan imbang setelah penalti Gordon menaklukkan kiper Ederson.

Skor imbang itu menjadikan Man City hanya menambah satu poin. Meski demikian, The Citizens yang mengantungi poin 14 masih tetap bertahan di puncak klasemen.

Hanya saja posisi mereka mulai terancam. Pasalnya, Liverpool dan Aston Villa yang hanya terpaut dua poin bakal menggeser Man City bila memenangkan laga mereka.

Sementara, Newcastle juga gagal memperbaiki peringkat. Dengan memiliki poin 11, Newcastle menempati peringkat lima. Sama dengan Arsenal, namun The Toon Army kalah selisih gol.

Dalam laga itu, Man City sesungguhnya mampu mengambil inisiatif menyerang pertahanan Newcastle. Mereka juga unggul dalam penguasaan bola sehingga berpeluang mencetak gol.

Hanya saja lini depan Man City yang kembali mengandalkan Erling Haaland sama sekali kehilangan taji. Dirinya kesulitan menembus barisan belakang tuan rumah.

Kesabaran pemain Man City membongkar pertahanan Newcastle akhirnya kesampaian di menit 35. Bek Josko Gvardiol justru yang mengatasi kebuntuan saat pemain depan juara bertahan Liga Premier ini tak ada yang bisa  menembus gawang Newcastle.

Gol berawal dari aksi gelandang Jack Grealish yang melepaskan assist kepada Gvardiol yang menuntaskannya dengan membobol gawang lawan. Bek timnas Kroasia ini sukses membawa Man City unggul lebih dulu.

Skor berubah 1-0 untuk Man City. Tidak ada tambahan gol yang tercipta sehingga skor imbang itu bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Man City tak mengundurkan serangan. Namun Newcastle secara perlahan mulai bangkit. Permainan menyerang tim asuhan Eddie Howe ini mampu merepotkan pertahanan Man City.

Puncaknya, tuan rumah mendapat hadiah penalti menyusul pelanggaran keras Ederson yang menjatuhkan Gordon Wasit pun menunjuk titik putih dan eksekusi itu dituntaskan oleh Gordon sendiri.

Keberhasilan membobol gawang Man City menjadikan pemain Newcastle kian bersemangat menekan lawan. Gelandang Sandro Tonali membuka peluang bagi Harvey Barnes untuk mencetak gol. Hanya, Ederson melakukan penyelamatan mengesankan yang menggagalkan upaya Barnes.

Selanjutnya, Joelinton djatuhkan di kotak penalti. Joelinton sesungguhnya meminta penalti. Namun wasit membiarkan insiden itu.

Man City juga memberi tekana terhadap pertahanan Newcastle. Peluang bagus diperoleh Bernardo Silva yang menyambut umpan Phil Foden. Namun tendangan voli Silva bisa digagalkan dengan baik oleh kiper Nick Pope.

Pope kembali melakukan penyelamatan gemilang di saat-saat akhir pertandingan. Sundulan Haaland yang seharusnya membobol gawang Newcastle secara gemilang digagalkan Pope. Tidak ada gol yang tercipta dan skor 1-1 bertahan hingga akhir laga.