Jadwal Timnas Indonesia Lawan Irak dan Filipina, Peluang Lolos Terbuka Lebar
Ragnar Oeratmangoen cs. akan lolos ke Piala Asia 2027 di Arab Saudi andai bisa memperoleh tiga poin di Jakarta. (foto: instagram @0ratmangoen)

Bagikan:

JAKARTA – Tim nasional Indonesia masih memiliki dua pertandingan sisa di putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Kedua pertandingan Grup F itu adalah melawan Irak dan Filipina. Laga ini akan dimainkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, pada tanggal 6 dan 11 Juni terdekat.

Indonesia akan terlebih dahulu melawan Irak. Ini menjadi kesempatan bagi skuad asuhan Shin Tae Yong untuk membalas kekalahan 1-5 saat tandang ke Basra International Stadium pada November lalu.

Sementara itu, pertandingan kedua tentunya melawan Filipina. Pada pertemuan pertama, Indonesia yang diunggulkan justru hanya membawa pulang satu angka saja akibat hasil seri 1-1.

Setelah tidak mengamankan kemenangan di dua laga awal itu, Indonesia bangkit melawan Vietnam. Dua pertandingan dengan The Golden Stars, pasukan Garuda bisa mengumpulkan enam poin.

Dua kemenangan melawan Vietnam membuat Indonesia sekarang duduk di posisi kedua klasemen sementara grup dengan tujuh poin atau terpaut lima poin dari Irak di posisi paling atas.

Syarat Indonesia lolos adalah jika mampu menambah tiga poin dari pertandingan tersisa itu atau dengan total 10 poin di akhir klasemen nanti. Namun jika Indonesia hanya mampu mendapat satu poin tambahan saja, maka ada syarat lain seperti Vietnam kalah  dari Irak di pertandingan mereka. 

Dengan menyisakan dua pertandingan tersisa di semua peserta, termasuk Indonesia, maka syarat Indonesia tetap berada di posisi runner-up jika:

  1. Indonesia memenangkan satu pertandingan tersisa mereka dan meraih total 10 poin.
  2. Vietnam kalah atau bermain imbang dalam salah satu atau kedua pertandingan tersisa mereka, sehingga tidak dapat melewati poin Indonesia.
  3. Filipina tidak mampu mengumpulkan lebih dari 7 poin dalam dua pertandingan tersisa mereka, sehingga tidak dapat menyalip posisi Indonesia.

Dengan asumsi Irak mempertahankan posisi puncak dengan meraih poin maksimal, Indonesia akan tetap berada di posisi runner-up dengan catatan poin yang mencukupi dan persaingan dari pesaing lain yang tidak terlalu mengancam.

Posisi runner-up tersebut membuat Indonesia memiliki kans besar lolos ke kualifikasi Piala Dunia putaran berikutnya. Indonesia minimal menjadi runner up untuk maju ke tahap selanjutnya.

Selain lolos ke kualifikasi Piala Dunia putaran ketiga, Ragnar Oeratmangoen cs. juga akan lolos ke Piala Asia 2027 di Arab Saudi andai bisa menjaga tempat mereka saat ini sampai semua laga Grup F selesai.

Kualifikasi untuk Piala Dunia ini memang sekaligus menjadi kualifikasi Piala Asia. Dua tim terbaik dari masing-masing grup di putaran ketiga akan lolos ke putaran ketiga dan otomatis mendapat tiket Piala Asia 2027.

Jadwal Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026:

Indonesia vs Irak

Stadion Utama Gelora Bung Karno,

Kamis, 6 Juni 2024

Indonesia vs Filipina

Stadion Utama Gelora Bung Karno,

Selasa, 11 Juni 2024

Terkait