Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, membahas peluang lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Menyisakan satu laga terakhir, dia mengaku ada hal khusus yang harus dibenahi.

Untuk mengamankan tempat di putaran ketiga, Timnas Indonesia mesti menang melawan Filipina pada 11 Juni 2024 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

Soalnya, mereka sudah gagal meraih poin saat menjamu Irak di SUGBK pada 6 Juni 2024. Marselino Ferdinan dan kolega kalah 0-2.

Kekalahan tersebut membuat anak asuh Shin Tae-yong mau tidak mau harus menang kontra Filipina untuk merebut tiket ke putaran ketiga.

Peluang lolos ke putaran ketiga masih terbuka meski tipis. Karena itu, Shin Tae-yong sudah bersiap untuk melakukan perubahan besar dari segi permainan.

Perombakan itu dilakukan Shin Tae-yong juga untuk mempersiapkan diri ketika berjumpa tim-tim top Asia yang lebih kuat andai lolos ke putaran ketiga.

"Seperti Korea Selatan, Jepang, Australia, Iran, dan Arab Saudi memang kita sebut mereka top 5 di Asia. Pastinya kita akan kesulitan jika melawan mereka."

"Karena tim yang kita lawan itu bagus, jadi kita harus bertahan terus," kata Shin Tae-yong saat konferensi pers selepas laga di SUGBK, Kamis, 6 Juni 2024.

"Walaupun kita kemasukan gol (saat lawan Irak), kita harus berjuang lagi, lebih menyerang lagi, supaya kita tahu kekurangan kita apa saja."

"Jadi, kami bisa mengembangkan lagi, analisis lagi, dan jadi lebih baik ke depannya. Kalau kita melawan tim top 5 Asia, kita akan lebih berjuang, menyerang dan lebih agresif," tuturnya.

Shin Tae-yong mengakui kelima tim top Asia itu pasti memiliki perbedaan gaya bermain. Namun, menurutnya, paling penting diperbaiki dari Skuad Garuda ialah kualitas operan.

"Pastinya ada perbedaan gaya bermain dari Korea Selatan, Jepang, dan yang lainnya. Namun, yang saya harus evaluasi adalah kesalahan operan. Itu yang perlu kami perbaiki lagi," ujarnya.