Kalahkan Inggris di Wembley, Pelatih Brasil: Itu Baru Permulaan
Pelatih Dorival Junior merasa puas Brasil bisa mengalahkan Inggris di Wembley. (X/@CBF_Futebol)

Bagikan:

JAKARTA - Brasil harus bekerja keras sebelum mengalahkan Inggris 1-0 di pertandingan uji coba di Stadion Wembley, Minggu, 24 Maret 2-24 dini hari WIB. Pelatih Brasil Dorival Junior menyebut kemenangan itu sebagai permulaan.

Dorival memetik hasil memuaskan dalam debutnya sebagai pelatih timnas Brasil menggantikan Fernando Diniz.

Selama ditangani Diniz yang berstatus pelatih sementara, Brasil mengalami keterpurukan. Mereka menduduki peringkat enam klasemen sementara kualifikasi Piala Dunia 2026.

Dorival yang sebelumnya menangani Sao Paulo direkrut untuk membangun kembali Selecao. Penunjukan Dorival sekaligus mengakhiri rumor bila Brasil bakal ditangani Carlo Ancelotti. Apalagi, Ancelotti kemudian dipertahankan Real Madrid setelah diperbarui kontraknya.

Keberhasilan Brasil mengalahkan Inggris pun tetap di luar perkiraan. Pasalnya, Brasil tidak menurunkan skuat terbaik karena sejumlah pemain mengalami cedera.

Tidak hanya Neymar yang absen, tetapi juga duo kiper Premier League Inggris, Alisson Becker dan Ederson, tidak bisa tampil. Selain itu kapten Casemiro mengalami cedera sehingga gagal masuk skuat.

Dorival kemudian menurunkan lima pemain debutan, termasuk Endrick yang masuk di babak kedua.

Penyerang yang masih berusia 17 ini kemudian memecah kebuntuan dengan mencetak satu-satunya gol kemenangan Brasil.

"Ini momen yang sangat istimewa. Jarang sekali tim Brasil bisa menang di Inggris. Ini tentu kemenangan yang istimewa," kata Dorival.

"Tetapi kami tidak lupa pada kenyataan bahwa ini adalah sebuah permulaan," ucapnya.

Ya, Dorival menuturkan kemenangan ini menjadi awal dari pembaruan yang bakal dilakukannya. Da harus membangun kembali tim yang terpuruk.

Pasalnya, Brasil akan melakoni pertarungan di Copa America. Mereka juga kembali berlaga di kualifikasi Piala Dunia.

"Saya menaruh kepercayaan kepada para pemain. Saya juga mnaruh harapan pada tim ini. Hasil dari pertandingan ini menunjukan kami bisa melangka ke depan," kata dia lagi.

Dorival sesungguhnya melakukan sedikit perjudian saat hendak memasukkan pemain depan. Dia akhirnya memilih memasukkan Endrick menggantikan Rodrygo ketimbang Richarlison.

Meski striker Tottenham Hotspur ini lebih berpengalaman, namun dia baru pulih dari cedera.

Keputusan Dorival tidak salah. Endrick menjawab kepercayaan pelatih dengan membobol gawang Jordan Pickford di menit 80.

Dorival tak segan memuji pemainnya yang akan bergabung dengan Real Madrid pada Juli 2024.

"Bila dia tetap bersikap seperti sekarang ini, dia akan menorehkan namanya di sepak bola Brasil dan dunia," kata Dorival tentang Endrick.

Usai menghadapi Inggris, tim asuhan Dorival akan beruji coba melawan Spanyol, Rabu, 27 Maret 2024 dini hari WIB.

Laga digelar di kandang Madrid di Stadion Santiago Bernabeu. Ini tentu menjadi laga khusus bagi Endrick karena musim depan sudah berseragam Madrid.