Bagikan:

 

JAKARTA - Pemain berusia 17 tahun, Endrick Felipe mencetak gol internasional perdananya untuk tim Samba, sekaligus mengantarkan Brasil menang tipis 1-0 melawan Inggris, dalam pertandingan persahabatan di Stadion Wembley, Inggris, Sabtu 23 Maret waktu setempat atau Minggu 24 Maret dini hari WIB.

Berusia 17 tahun dan 246 hari, Endrick adalah pencetak gol internasional termuda di level senior dalam pertandingan di Wembley. Endrick juga menjadi pemain termuda yang mencetak gol untuk Brasil sejak Ronaldo pada 1994.

Pemain depan Palmeiras, yang akan bergabung dengan Real Madrid pada bulan Juli mendatang itu diprediksi akan menggantikan Neymar sebagai superstar terbaru Brasil.

Endrick mencuri perhatian pada menit ke-80 ketika remaja tersebut memanfaatkan bola muntahan sepakan Vinicius Junior yang ditepis Jordan Pickford. Pemain Inggris sempat melancarkan protes lantaran menilai Endrick berada dalam posisi offside.

Dalam laga tersebut, meskipun bermain di kandang lawan, Brasil berhasil menciptakan kesempatan pertama dalam pertandingan pada menit ke-10, melalui tendangan Rodrygo. Ipaya tersebut dapat ditangkap oleh kiper Inggris, Jordan Pickford.

Ancaman berikutnya datang dari Vinicius Junior pada menit ke-12. Umpan terobosan dari Lucas Paqueta berhasil diterima oleh Vinicius, tetapi penyelesaian dari pemain Real Madrid tersebut tidak menghasilkan gol.

Brasil hampir saja membuka skor pada menit ke-35, jika saja sepakan dari Paqueta tidak menghantam tiang gawang. Inggris membalas dengan ancaman melalui tusukan Anthony Gordon pada menit ke-41, sayangnya sepakannya berhasil dihalau oleh kiper Brasil, Bento.

Pada menit ke-64, Paqueta kembali memberikan ancaman kepada Inggris dengan tendangan voli, tetapi masih melebar tipis ke arah kiri gawang. Gol yang dicetak Endrick menjadi gol semata wayang dalam laga tersebut.

Setelah melewati periode terburuk mereka selama lebih dari 60 tahun, Brasil berharap Dorival Junior dapat memicu kebangkitan mereka untuk menjaga harapan Brasil lolos ke Piala Dunia 2026. Sementara Inggris tengah mempersiapkan diri untuk menghadapi Euro 2024 yang akan berlangsung di Jerman.