Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memimpin pemusatan latihan perdana Skuad Garuda pada Senin, 18 Maret 2024, malam WIB, di Stadion Madya. Memulihkan kondisi pemain menjadi menu utama.

Materi itu ditekankan Shin Tae-yong karena ia sadar betul para pemain yang datang dari kompetisi dalam maupun luar negeri tidak dalam performa maksimal. Soalnya, para pemain baru saja membela masing-masing tim atau telah melewati perjalanan jauh.

"Memang TC baru mulai, ya. Hari ini latihan ringan untuk pemulihan saja," tutur Shin Tae-yong pada Senin, 18 Maret 2024.

"Memang ini hari pertama kami latihan. Apalagi para pemain banyak yang dari luar negeri. Perjalanan sangat jauh dan pastinya melelahkan juga," ujarnya.

"Pemain lokal pun sama. Pada akhir pekan ini mereka bertanding," katanya.

Meski pada hari pertama fokus materi pemulihan, Shin Tae-yong juga tak mau membuang waktu. Ia mengaku bakal tancap gas untuk segera memberikan materi taktikal sebagai bekal melawan Vietnam.

"Sisa dua hari lagi kami akan melawan Vietnam. Kami akan mempersiapkan tim ini untuk melawan Vietnam supaya tahu bagaimana caranya kami harus menang."

"Meski kami fokus ke pemulihan untuk hari ini, saya akan fokus taktik mulai besok dan lusa," ujar Shin Tae-yong.

Pada TC hari pertama, ada empat pemain yang belum bergabung dari 26 nama yang dipanggil. Mereka ialah Thom Haye, Ragnar Oratmangoen, Nathan Tjoe, dan Sandy Walsh.

Agenda pemusatan latihan ini merupakan persiapan Timnas Indonesia menghadapi Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Timnas Indonesia akan bersua Vietnam dua kali. Pertama, duel dilangsungkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Kamis, 21 Maret 2024 pukul 20.30 WIB. Kemudian, Skuad Garuda bertandang ke markas Vietnam, Stadion My Dinh, pada Selasa, 26 Maret 2024, pukul 19.00 WIB.