Brighton Menang, AS Roma yang Lolos
AS Roma tetap lolos ke perempat final Liga Europa meski kalah 1-0 lawan Brighton and Hove Albion. (X/@OfficialASRoma)

Bagikan:

JAKARTA - AS Roma menelan kekalahan 1-0 saat melawan Brighton and Hove Albion di laga kedua babak 16 besar Liga Europa di Stadion The American Express Community, Jumat, 15 Maret 2024 dini hari WIB. Namun Roma yang lolos ke perempat final.

Roma berhasil meraih tiket ke delapan besar berkat kemenangan telak 4-0 pada laga pertama di Olimpico. Kemenangan itu menjadikan langkah Roma lebih ringan saat melakoni laga kedua.

Pasalnya, Giallorossi hanya butuh hasil imbang untuk mengamankan satu tempat di perempat final. Sebaliknya, Brighton harus bekerja ekstrakeras bila ingin membalikkan keadaan.

Namun harapan The Seagulls pupus sudah. Mereka hanya menang satu gol sehingga kalah agregat 4-1. Striker Danny Welbeck mencetak satu-satunya gol di laga itu.

Meski tersingkir Welbeck menuturkan Brighton tetap bangga bisa bertahan sampai babak knockout di Liga Europa. Apalagi ini merupakan penampilan pertama di kompetisi Eropa dalam sejarah klub.

"Tim sudah memberikan 100% kemampuannya. Harus diakui ini memang sulit setelah kalah telak di laga pertama. Tentu sangat sulit untuk membalikkan keadaan," kata Welbeck.

"Kami memang harus membayar harga dari laga pertama itu. Kami tetap harus meraih hasil yang bagus di hadapan fans," ujarnya.

Hanya saja ini memang terlalu sulit. Apalagi banyak pemain kami yang cedera. Meski demikian, kami seharusnya bangga karena sudah melakukan yang terbaik," ucap eks striker Manchester United dan Arsenal ini.

Welbeck, lebih lanjut, mengatakan bila Brighton harus bisa rutin berlaga di kompetisi Eropa. "Brighton telah mencatat sejarah. Pertama kali bermain di Eropa tentu merupakan pencapaian yang luar biasa dari Brighton. Namun kami harus mengambil langkah-langkah yang diperlukan agar Brighton tetap berkompetisi di Eropa," kata dia lagi.

Sementara, Roma menjadi tim ketiga dari Serie A Italia yang lolos ke perempat final. Tim-Tim Italia menunjukkan dominasinya di kompetisi kasta kedua Eropa ini. Selain Roma, ada AC Milan dan Atalanta yang mendapat tempat di delapan besar.

Disusul Premier League Inggris yang meloloskan Liverpool dan West Ham United. Sedangkan tiga slot lagi diisi Marseille (Ligue 1 Perancis), Benfica (Primeira Liga Portugal) dan Bayer Leverkusen (Bundesliga Jerman).

Di laga itu, pelatih Roma Daniele De Rossi merombak skuat dengan mengistirahatkan sebagian pemain pilar. Striker Romelu Lukaku tidak tampil karena cedera. Sedangkan tandemnya Paulo Dybala tidak diturunkan.

Meski demikian, Roma mampu merepotkan Brighton. Bahkan mereka sempat unggul saat Sardar Azmoun mencetak gol. Namun golnya dianulir. Brighton akhirnya yang kemudian memenangkan pertandingan.

Menurut De Rossi keberhasilan Roma lolos ke delapan besar menjadikan mereka bakal diperhitungkan. Meski Liverpool dan Leverkusen yang difavoritkan juara, tetapi Roma merupakan tim yang paling dihindari.

"Seperti yang pernah saya katakan, tidak ada yang suka bertemu Roma. Sebaliknya, kami siap menghadapi siapa pun. Ini akan menjadi laga yang menarik," ucap De Rossi.