AS Roma Hajar Brighton Empat Gol Tanpa Balas di Liga Europa
Striker Paulo Dybala merayakan gol di pertandingan AS Roma melawan Brighton and Hove Albion di Liga Europa. (X/@OfficialASRoma)

Bagikan:

JAKARTA - AS Roma menunjukkan performa terbaik dengan menghajar Brighton and Hove Albion 4-0 di pertandingan pertama 16 besar Liga Europa di Stadion Olimpico, Jumat, 8 Maret 2024 dini hari WIB. Kemenangan besar yang membuka harapan Roma meraih tiket ke perempat final.

Apes bagi Brighton. Suporter tim Premier League Inggris ini ditikam oknum pendukung Roma saat hendak memberi dukungan kepada tim kesayangan. Beruntung, luka dua suporter itu tidak parah.

Di arena pertandingan, Brighton yang kemudian ditikam Roma. Performa gemilang The Seagulls di kompetisi Eropa dengan mencatat empat kemenangan menjadi tidak berarti. Mereka tidak berkutik menghadapi serangan habis-habisan dari Roma.

Kemenangan itu menjadikan Roma berpeluang besar lolos ke perempat final. Pada laga kedua di kandang Brighton di Stadion American Express, Jumat, 15 Maret 2024 dini hari WIB, Roma hanya butuh hasil imbang untuk menyingkirkan Brighton. Bahkan kekalahan 3-0 masih bisa membawa Giallorossi ke delapan besar.

Sebaliknya, tim asuhan Roberto De Zerbi harus bekerja keras untuk mengejar defisit gol. Mereka butuh keajaiban untuk membalikkan keadaan.

Di laga itu, Roma yang tampil di hadapan pendukung sepenuhnya mendominasi. Bahkan gelandang Leonardo Spinazzola sudah nyaris membobol gawang Brighton saat pertandingan baru berjalan tiga menit. Namun sundulannya bisa ditepis dengan baik oleh kiper Jason Steele.

Serangan Roma akhirnya membuahkan hasil di menit 12. Striker Paulo Dybala yang membuka pesta kemenangan Roma.

Gol berawal dari umpan ciamik Leandro Paredes kepada Dybala. Bek Lewis Dunk sudah berusaha memotong bola tetapi gagal.

Dybala yang menguasai bola memperlihatkan aksi individu mengecoh Steele. Dia kemudian melepaskan tendangan ke gawang yang kosong.

Selanjutnya, striker Romelu Lukaku memperbesar keunggulan tuan rumah. Pemain pinjaman dari Chelsea ini sukses mencetak gol di menit 43. Skor 2-0 untuk tim asuhan Daniele De Rossi bertahan sampai akhir laga.

Di babak kedua, Roma tak menurunkan tempo permainan. Bahkan Lukaku nyaris mencetak gol saat mendapat peluang setelah memenangkan duel udara. Hanya sundulannya bisa digagalkan secara gemilang oleh Steele.

Namun Roma akhirnya memantapkan keunggulan setelah bek Gianluca Mancini mencetak gol di menit 64.

Hanya gol yang menyambut umpan silang Stephan El Shaarawy ini sempat ditinjau lewat VAR. Pasalnya, Mancini dinilai dalam posisi offside.

Hasilnya, Mancini dinyatakan onside. Gol dia pun tetap disahkan. Go itu yang memupus harapan Brighton. Apalagi, Bryan Cristante kemudian menambah gol lagi bagi Roma.

Keberhasilan dia membobol gawang lawan di menit 68 menjadikan Roma unggul 4-0. Skor itu pula yang menutup laga pertama babak 16 besar.

Terkait