DFB Tepis Rumor Dekati Jurgen Klopp
Jurgen Klopp ingin istirahat dari sepak bola sementara waktu (foto: x @LFC).

Bagikan:

JAKARTA - Asosiasi Sepak Bola Jerman (DFB) telah menanggapi laporan yang menyebut bahwa mereka telah melakukan pembicaraan dengan Jurgen Klopp untuk mengambil alih timnas Jerman ke depan.

Klopp mengonfirmasi secara pribadi kepada dewan Liverpool pada November bahwa musim ini akan menjadi musim terakhirnya sebagai manajer klub. Ia kemudian mengumumkan berita ini kepada publik akhir Januari, dengan alasan kelelahan sebagai alasan utamanya untuk mundur.

Di Jerman, laporan-laporan telah menyarankan bahwa Klopp bisa menjadi manajer timnas setelah Euro 2024, setelah kontrak jangka pendek Julian Nagelsmann berakhir.

Namun, dalam sebuah wawancara dengan majalah Jerman, Focus, Direktur Manajemen DFB, Andreas Rettig, membantah klaim tersebut.

"Tidak ada kontak. Dia ingin dirinya istirahat. Saya tidak tahu apakah kami seharusnya memberinya tips perjalanan tentang bagaimana menikmati waktu luangnya," katanya. "Dia ingin istirahat dan itulah mengapa itu bukan masalah."

Klopp telah dikaitkan dengan berbagai peran sejak mengkonfirmasi kepergiannya dari Liverpool, meskipun dia telah menekankan bahwa dia tidak akan pernah melatih di Inggris lagi dan kemungkinan besar tidak akan kembali ke pelatihan setidaknya sampai 2025.

Minggu lalu, Mail melaporkan bahwa dia telah diidentifikasi sebagai target utama oleh penyiar Inggris BBC dan ITV sebagai pakar utama untuk liputan Euro 2024 mereka. Namun, dia diperkirakan akan menolak tawaran mereka dan menghadiri kejuaraan sebagai penggemar setelah sudah membeli tiket untuk tiga pertandingan grup Jerman.

Sementara itu, Liverpool terus mencari pengganti Klopp, meskipun ingin membawa direktur olahraga baru sebelum menyelesaikan penunjukan manajerial. Mantan direktur olahraga Michael Edwards dijadwalkan untuk kembali ke klub dalam kapasitas yang lebih besar dari peran sebelumnya, di mana Richard Hughes menjadi kandidat terkemuka untuk mengambil peran direktur tersebut.