Bagikan:

JAKARTA - Juara bertahan Manchester City sama sekali tak menemui kesulitan saat mengalahkan FC Copenhagen 3-1 di laga kedua babak 16 besar Liga Champions di Stadion Etihad, Kamis 7 Maret 2024 dini hari WIB. Man City pun singkirkan tim penggembira dari kompetisi Eropa.

Copenhagen memang tak lebih dari tim penggembira. Klub asal Denmark ini berhasil membuat kejutan di penyisihan grup setelah menyingkirkan Manchester United dan Galatasaray.

Hanya saat bertemu Man City, rival satu kota MU, mereka tak berkutik sama sekali. Pada dua pertemuan, Man City selalu menang dengan skor sama 3-1. Hasilnya, Man City pun unggul agregat 6-2.

Di pertandingan itu, manajer Man City Pep Guardiola menurunkan skuat terbaik. Hasilnya, mereka pun menunjukkan konsistensi dengan menghabisi lawannya. Semua gol di laga itu tercipta di babak pertama.

Kemenangan gemilang tuan rumah dibuka oleh Manuel Akanji saat laga baru berjalan lima menit.

Permainan ofensif yang diperagakan The Cityzens membuat Copenhagen tak bisa berbuat apa-apa kecuali hanya bertahan. Akanji sendiri mencetak gol setelah menyelesaikan assist dari Julian Alvarez.

Unggul lewat gol cepat menjadikan pemain tuan rumah kian agresif menekan pertahanan lawan. Hasilnya, Man City memperbesar keunggulan hanya berselang empat menit. Kali ini, Alvarez yang membobol gawang Copenhagen.

Gol striker tim nasional Argentina ini yang langsung mematikan harapan Copenhagen. Pasalnya mereka harus mengejar defisit gol yang tidak sedikit.

Setelah tertinggal 2-0, tim tamu mulai bangkit. Hasilnya, mereka memperkecil ketinggalannya saat Mohamed Elyounoussi menaklukkan kiper Ederson di menit 29. Skor berubah menjadi 2-1.

Namun Man City sudah tak terbendung. Kali ini, striker Erling Haaland yang memantapkan keunggulan Man City pada injury time babak pertama.

Haaland sukses menuntaskan assist Rodri. Skor 3-1 untuk Man City dan bertahan sampai akhir babak pertama.

Di babak kedua, Man City tak mengurangi agresivitas dalam menyerang lawan. Meski sudah unggul jauh, mereka tak menurunkan tempo permainan.

Kiper Ederson sempat melakukan blunder yang nyaris berbuahkan gol pada menit-menit pertama pertandingan. Beruntung ada Mateo Kovacic yang berhasil membuang bola.

Man City sesungguhnya unggul dalam penguasaan bola yang mencapai 69%. Hanya saja, serangan mereka selalu kanda di barisan pertahanan Copenhagen.

Sampai akhir laga skor tetap 3-1 dan Man City yang merebut tiket ke perempat final.