Shin Tae-yong Intens Safari ke Eropa, Cari Pemain Keturunan Baru untuk Timnas Indonesia
Shin Tae-yong ingin menambah pemain naturalisasi baru untuk Timnas Indonesia (dok. PSSI).

Bagikan:

JAKARTA - Shin Tae-yong belakangan terlihat intens mengunjungi sejumlah negara di Eropa. Awalnya, dia ingin melihat bagaimana kondisi penggawa Skuad Garuda yang berkiprah di luar negeri.

Dia beberapa kali mengunggah pertemuan dengan sederet pemain Timnas Indonesia yang merumput di Belanda, Belgia, dan Italia melalui media sosial pribadinya.

Tampak Shin Tae-yong memantau pertandingan yang dijalani Ivar Jenner, Sandy Walsh, Marselino Ferdinan, dan pemain yang baru saja mendapatkan paspor Indonesia, Jay Idzes.

Shin Tae-yong memang langsung bergerilya ke Eropa pada akhir Februari 2024 selepas kembali dari rehat usai memimpin tim di Piala Asia 2023.

Hanya saja, muncul spekulasi bahwa adanya kemungkinan sang pelatih juga tengah mencari pemain-pemain anyar yang bisa memperkuat Timnas Indonesia.

Terkait kemungkinan itu, Nova Arianto, asisten pelatih Timnas Indonesia, tak menampiknya.

"Pastinya coach Shin melihat kondisi pemain, ya. Seperti kita lihat dari update status coach Shin bertemu semua pemain yang ada di luar.

"Dia (selain itu) melihat situasi-situasi pemain baru yang mungkin bisa membantu Timnas Indonesia," kata Nova Arianto dikutip pada Rabu, 6 Maret 2024.

Pernyataan Nova menyiratkan bahwa Shin Tae-yong memang ingin menambah pemain naturalisasi.

Selain memantau pemain di luar negeri, saat ini diketahui bahwa sudah ada tiga sosok yang proses naturalisasinya belum rampung.

Mereka ialah Thom Haye, Ragnar Oratmangoen, dan Maarten Paes. Pemanggilan ketiganya untuk memperkuat Timnas Indonesia melawan Vietnam pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 pun belum ada titik terang.

Saat ini, prosesnya masih ada di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Nama mereka sudah masuk dalam Sidang Paripurna terbaru pada 5 Maret 2024.

"Ya, kita tunggu saja dari rilis resmi PSSI. Nanti kita lihat apakah dia (tiga nama baru) masuk atau tidak (dalam daftar 27 pemain untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Vietnam)," ujar Nova.

Timnas Indonesia akan melakoni dua laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia melawan Vietnam.

Laga perdana dijadwalkan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada 21 Maret 2024. Lalu, partai kedua digelar di Stadion My Dinh pada 26 Maret 2024.