PT Pertamina Dukung  F1 Powerboat di Danau Toba, Sumatera Utara
Salah satu UMKM binaan Pertamina yang hadir dalam pameran Toba UKM Expo 2024 (FOTO: DOK. ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - PT Pertamina (Persero) kembali memberikan dukungannya pada perhelatan kejuaraan dunia balap perahu super cepat F1 Powerboat (F1H20) yang berlangsung pada tanggal 2 hingga 3 Maret 2024 di Balige, Danau Toba, Sumatera Utara (Sumut).

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso, menyatakan bahwa dukungan Pertamina dalam acara ini bertujuan untuk memajukan olahraga air dan pariwisata nasional. Selain itu, Pertamina juga berharap agar acara ini dapat menciptakan multiplier effect bagi perekonomian daerah.

"Ini merupakan tahun kedua Pertamina mendukung kegiatan F1 Powerboat. Dukungan Pertamina sejalan dengan komitmen kami dalam sektor pariwisata dan olahraga nasional agar semakin mendunia," ujar Fadjar dalam keterangan resminya di Jakarta.

Untuk memastikan kelancaran acara tersebut, Pertamina telah menyiapkan pasokan energi dengan kualitas tertinggi, termasuk bahan bakar Pertamax Turbo, Pertamax, Pertamina Dex, dan Avtur. Stok Pertamax Turbo Ron 98 sebanyak 30.000 liter telah disiapkan untuk digunakan oleh para pembalap dalam memacu kendaraan air mereka.

"Kualitas Pertamax Turbo sesuai standar balap dunia sehingga cocok untuk digunakan dalam berbagai event internasional," tambah Fadjar.

Selain itu, Pertamina juga menyediakan stok BBM jenis Pertamax sebanyak 8.000 liter dan Pertamina Dex 100 liter untuk mendukung Basarnas dalam menjalankan tugas mengamankan kegiatan F1 Powerboat di air dan darat. Untuk kebutuhan udara, Pertamina telah menyiapkan stok Avtur sebanyak 9.400 liter untuk helikopter yang bertugas memantau ajang tersebut.

Fadjar juga menekankan bahwa F1 Powerboat menjadi magnet bagi wisatawan dalam dan luar negeri, sehingga diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap ekonomi daerah, terutama melalui multiplier effect aktivitas perdagangan.

Selain dukungan pada acara dan ketersediaan bahan bakar, Pertamina juga menjalin kerjasama dengan empat usaha kecil mikro dan menengah (UMKM) binaan untuk memasarkan produk-produk unggulannya seperti Tanaya Dominic Pattisserie, Birna Coffee, Zack Kress Chips, dan Tenun Ulos Sakkamedeha.

Partisipasi UMKM binaan Pertamina dalam pameran Toba UKM Expo 2024 diharapkan dapat memotivasi UMKM untuk berkembang dan bahkan go global ke mancanegara, ungkap Area Manager Communication Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Utara (Sumbagut), Susanto August Satria