Indonesia Tuan Rumah Kualifikasi Basketball Championship League Asia
Indonesia mendapat kepercayaan menjadi tuan rumah babak kualifikasi Basketball Champions League Asia (BCL Asia) bersama Mongolia. (Dok. FIBA)

Bagikan:

JAKARTA – Indonesia mendapat kepercayaan menjadi tuan rumah babak kualifikasi Basketball Champions League Asia (BCL Asia) bersama Mongolia. 

Kepastian tersebut diumumkan oleh FIBA melalui situs resmi mereka. Total ada dua babak kualifikasi yang mulai berlangsung pada 3 April terdekat.

"Babak pertama kualifikasi Basketball Champions League (BCL Asia) akan berlangsung di Ulaanbaatar Mongolia, sedangkan babak kedua akan berlangsung di Jakarta, Indonesia," demikian keterangan FIBA.

Babak pertama kualifikasi dijadwalkan di Ulaanbaatar pada 3-7 April nanti. Total akan ada delapan klub perwakilan dari Asia Timur dan Asia Tenggara yang mengambil bagian.

Mongolia dan Indonesia akan diwakili oleh masing-masing dua klub. Klub-klub tersebut akan bergabung dengan juara liga dari Hong Kong, Malaysia, Singapura, dan Thailand.

Delapan klub ini akan ditempatkan ke dalam dua grup yang masing-masing terdiri dari empat tim. Mereka disusun sesuai dengan peringkat tim nasional di FIBA.  

Tim teratas dari masing-masing grup akan lolos ke kualifikasi babak kedua. Sementara itu, tim yang berada di posisi kedua dan ketiga di setiap grup akan bertanding untuk menentukan dha tempat tersisa untuk babak kedua.

Babak kedua dijadwalkan berlangsung di Jakarta pada tanggal 23-26 April. Babak ini akan dimainkan dengan format single-round robin untuk mencari dua klub teratas yang lolos ke Basketball Champions League Asia (BCL Asia).

"Kualifikasi ini tidak hanya akan menampilkan yang terbaik dari bola basket Asia Timur dan Asia Tenggara, tetapi juga akan memberikan platform bagi klub untuk bangkit dan bersaing di kompetisi klub tertinggi di Asia, tambahnya," ujar Direktur Eksekutif FIBA-Asia Hagop Khajirian.

Basketball Champions League Asia (BCL Asia), yang sebelumnya dikenal sebagai FIBA Asia Champions Cup, akan memulai debutnya tahun ini dan akan diikuti oleh delapan klub terbaik di benua Asia. 

Kualifikasi di Mongolia dan Indonesia ini akan menjadi ajang bagi dua klub untuk lolos ke Basketball Champions League Asia (BCL Asia), yang merupakan kompetisi klub papan atas di benua ini.

Klub-klub yang lolos di kualifikasi akan bergabung dengan tim-tim juara dari Jepang (B.League), Korea (KBL), Cina (CBA League), Filipina (PBA), serta dua klub dari FIBA West Asia Super League.