Bagikan:

JAKARTA - Pemain bintang Paris Saint-Germain Kylian Mbappe hanya bermain 45 menit saat ditahan imbang 0-0 di laga melawan Monaco di Stadion Louis II di Ligue 1 Perancis, Sabtu, 2 Maret 2024 dini hari WIB. Pelatih Luis Enrique menyatakan PSG sudah harus membiasakan diri bermain tanpa Mbappe.

Mbappe bakal meninggalkan PSG di akhir musim untuk bergabung dengan Real Madrid. Meski belum ada pernyataan resmi dari kedua belah pihak, namun Mbappe diyakini bakal pindah ke Madrid dengan status bebas transfer.

Ini yang menjadikan pelatih Luis Enrique tak lagi memainkan Mbappe secara reguler. Pada laga pekan lalu melawan Rennes, Mbappe juga tidak bermain selama 90 menit.

Dirinya ditarik keluar pada menit 65 untuk digantikan Goncalo Ramos. Hasilnya, PSG yang sempat tertinggal lebih dulu akhirnya bisa menyamakan skor melalui Ramos.

Begitu pula di pertandingan melawan Monaco. Mbappe hanya mendapat kesempatan bermain selama 45 menit. Di babak kedua, top skor sepanjang masa klub dengan 244 gol sejak direkrut dari Monaco pada 2018 ini digantikan Randal Kolo Muani.

Tanpa Mbappe, permainan PSG justru lebih hidup. Hanya saja, Bradley Barcola dan Vitinha tak bisa membobol gawang Monaco.

Enrique menuturkan dirinya sudah harus mengantisipasi saat tim ditinggalkan Mbappe. PSG harus tetap solid dan tidak berubah. Menurut pelatih asal Spanyol ini dirinya pun harus menemukan cara bagaimana melakukannya.

"Kami sesungguhnya punya peluang [memenangkan pertandingan]. Kami bermain lebih baik di babak kedua. Meski demikian hasil imbang ini sudah cukup logis," ujar Enrique.

"Cepat atau lambat, kami harus membiasakan diri bermain tanpa Kylian. Saya harus mengambil keputusan terbaik untuk tim," kata eks pelatih tim nasional Spanyol ini.

Hasil imbang itu menjadikan PSG mencatat rekor tak terkalahkan selama 19 pertandingan. Tim juga mengantungi poin 55 dan sudah unggul 12 poin dengan Brest yang menduduki peringkat dua.

Sementara, Monaco masih bertahan di peringkat dengan poin 42. Monaco belum pernah sekalipun menang di kandang sendiri di tahun ini.

Usai menghadapi Monaco, PSG langsung fokus di Liga Champions. Mereka melakoni laga kedua di 16 besar melawan Real Sociedad, Rabu, 6 Maret 2024 dini hari WIB.

PSG sudah unggul 2-0 di laga pertama. Karena itu, Achraf Hakimi dkk hanya butuh hasil imbang untuk melaju ke perempat final dalam laga di kandang Sociedad.