Barcelona vs Getafe: Xavi Belum Menyerah dalam Perebutan Titel Liga
Barcelona membidik kemenangan lawan Getafe sekaligus menjaga persaingan dengan Real Madrid. (X/@FCBarcelona)

Bagikan:

JAKARTA - Barcelona tetap optimistis menghadapi persaingan di La Liga Spanyol. Laga melawan Getafe di Stadion Olimpico Lluis Companys, Sabtu, 24 Februari 2024 dini hari WIB, memberi kesempatan Barca merapatkan jarak poin. Pelatih Xavi Hernandez tegaskan tak menyerah dalam perebutan titel La Liga.

Barca yang berstatus juara bertahan tetap berambisi melakukan back-to-back memenangkan La Liga meski saat ini berada di peringkat tiga klasemen sementara. Meski demikian, jarak poin Real Madrid yang saat ini memimpin klasemen masih dalam jangkauan Barca.

Ini yang menjadikan Xavi tetap optimistis dengan peluang Barca. Terutama setelah Blaugrana memetik hasil memuaskan pekan lalu.

Saat Barca menang 2-1 atas Celta Vigo di pertandingan tandang, sebaliknya Madrid hanya meraih satu poin setelah ditahan Rayo Vallecano 1-1. Begitu pula Girona kehilangan poin setelah menelan kekalahan 3-2 dari Athletic Bilbao.

Barca yang memiliki poin 54 sudah meninggalkan pesaingnya Atletico Madrid. Mereka juga hanya terpaut delapan poin dengan Madrid.

Sementara, Girona yang berada di peringkat dua mengantungi poin 56. Semua masih dalam jangkauan. Apalagi, Barca masih menghadapi Madrid di el clasico dan laga terakhir liga mereka bertemu Girona.

Laga melawan Getafe menjadi momen Barca untuk menggeser Girona sekaligus memperpanjang rekor tak terkalahkan selama enam pertandingan terakhir di berbagai kompetisi. Ini juga bakal memanaskan persaingan memperebutkan titel liga.

Hanya, Barca melakoni laga dengan jadwal yang cukup dekat. Setelah terbang ke Italia untuk menghadapi Napoli di laga pertama 16 besar Liga Champions yang berakhir imbang 1-1, Kamis, 22 Februari 2024 waktu setempat, Barca sudah langsung berjibaku melawan Getafe.

"Sebetulnya akan lebih baik bila jadwal pertandingan pada Sabtu atau Minggu. Tetapi itu tak bisa dijadikan alasan. Kami tetap akan fight dan berusaha memenangkan pertandingan," ucap Xavi.

"Secara matematis, kami bisa masih melakukannya [untuk bersaing memperebutkan titel liga]. Kami akan bertarung. Kami berusaha tidak kalah, terutama di pertandingan kandang. Kami tidak menyerah di liga meski ini tak mudah," kata dia lagi.

Xavi memiliki keyakinan untuk kembali bersaing karena penampilan tim kian membaik. Kami makin kompetitif dan berada yang jalur yang tepat," ujarnya.

Di laga itu, pemain depan Joao Felix dan Sergi Roberto sudah bergabung dengan tim. Mereka sudah pulih dari cedera dan Sergi pun sempat dimainkan lawan Napoli.

Hanya, Xavi masih belum bisa menurunkan tim terbaik karena beberapa pilar masih cedera, termasuk Ferran Torres dan Alejandro Balde.

Kondisi pemain muda Lamine Yamal juga masih dipantau. Bila belum fit, pemain sayap berusia 16 ini tidak dimainkan dan Raphinha yang mengambil alih posisi tersebut.

Sementara, Getafe mengandalkan pemain pinjaman dari Manchester United, Mason Greenwood. Pemain yang tengah diincar Barca ini tengah mencapai performa terbaik. Dirinya akan menjadi motor permainan Getafe.

Prakiraan Susunan Pemain

Barcelona (4-4-3): Ter Stegen; Kounde, Araujo, I Martinez, Cancelo; Gundogan, Christensen, F de Jong; Raphinha, Lewandowski, Pedri

Getafe (4-4-2): Soria; Iglesias, Dakonam, Alderete, Rico; Greenwood, Maksimovic, Milla, Alena; Mayoral, Mata

Terkait