Xavi Keluhkan Rumput Stadion Saat Barcelona Ditahan Imbang Getafe
Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez. (Foto: Twitter @FCBarcelona)

Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez, menyalahkan kualitas rumput Stadion Coliseum Alfonso Perez atas kegagalan timnya meraih tiga poin dari Getafe pada lanjutan La Liga 2022/2023, Senin, 17 April, dini hari WIB.

Xavi mengeluhkan bahwa kondisi lapangan markas Getafe itu yang dinilainya terlalu kering. Itu yang membuat para pemain Barcelona merasa kesulitan dalam mengembangkan permainan.

"Kondisi lapangan benar-benar menyulitkan kami. Kemarin, kami latihan dengan kondisi lapangan yang begitu kering. Hal ini buruk untuk sebuah pertandingan sepak bola. Bola kerap terhenti. Kondisi ini sepertinya juga dirasakan tim tuan rumah," kata Xavi Hernandez seperti dikutip dari Marca pada Senin, 17 April.

Hasil ini membuat Barcelona untuk pertama kalinya merasakan kehilangan dua poin secara beruntun di La Liga sejauh musim ini. Sebelumnya Blaugrana juga dipaksa menutup laga dengan skor imbang tanpa gol saat menjamu Girona di Stadion Camp Nou, akhir pekan lalu.

Namun, Xavi menegaskan keluhan soal kondisi lapangan bukan sebuah alasan kuat atas kegagalan anak asuhnya. Xavi justru bersyukur bisa mendapatkan satu poin di tengah-tengah kondisi buruk tersebut.

"Ini bukan alasan. Kami harus bisa kembali bangkit. Kami bisa memetik satu poin. Raihan ini sepertinya tidak terlalu buruk mengingat kondisi yang kami hadapi di atas lapangan," kata eks kapten dan gelandang Barcelona tersebut.

Barcelona sejauh ini tetap memimpin papan klasemen sementara dengan raihan 73 poin dari 29 laga. Tim asuhan xavi itu telah mengantongi keunggulan 11 poin dari juara bertahan kompetisi sekaligus seteru abadinya, Real Madrid yang duduk di peringkat kedua.

Dengan sembilan partai tersisa di pentas La Liga, Blaugrana digadang-gadang bisa merebut titel La Liga dari tangan Los Blancos pada musim ini. Kendati begitu, Xavi tetap meminta anak-anak asuhnya untuk tetap menjaga fokus pada sisa musim ini.

"Hingga sejauh ini, saya rasa, kami telah melakoni musim ini dengan cukup baik. Namun, kami tetap tidak boleh lengah dan tertidur. Laga berikutnya akan tetap menjadi laga yang tidak kalah penting," kata Xavi.