Kelanjutan Nasib Jurgen Klinsmann di Timnas Korea Selatan, Komite Teknik KFA Sepakat Memecat
Jurgen Klinsmann kariernya bersama Timnas Korea Selatan di ujung tanduk (Instagram/@j_klinsmann).

Bagikan:

JAKARTA - Komite Teknik Federasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA) mengajukan rekomendasi terkait nasib Jurgen Klinsmann kepada Presiden KFA, Chung Mong-gyu. Mereka sepakat menyatakan bahwa Klinsmann harus dipecat dari jabatannya sebagai pelatih tim nasional.

Berdasarkan rapat yang digelar Kamis, 15 Februari 2024, Ketua Komite Teknik KFA, Hwang Bo-gwan, mengatakan bahwa pihaknya telah mendapat rekomendasi terkait posisi Klinsmann di Timnas Korea Selatan. Ia mengatakan bahwa Komite Teknik telah meminta KFA untuk memecat Klinsmann.

Keputusan itu diambil setelah melewati pertimbangan panjang. Khususnya setelah melihat kemampuan Klinsmann yang dianggap gagal mendongkrang Timnas Korea Selatan di Piala Asia 2023.

"Karena beberapa alasan, diputuskan bahwa Klinsmann sudah tidak bisa menunjukkan kepemimpinan dan kami sepakat bahwa pelatih pengganti dibutuhkan," ujar Hwang dikutip dari Chosun pada Jumat, 16 Februari 2024.

Meski Komite Teknik KFA telah merekomendasikan pemecatan Klinsmann, KFA masih belum menentukan pilihan. Hal ini masih harus menunggu keputusan dan persetujuan Chung Mong-gyu selaku Presiden KFA.

Klinsmann sebelumnya ikut hadir rapat secara virtual karena tengah berada di Amerika Serikat. Dia sempat menjelaskan bahwa perkelahian antara Son Heung-min dan Lee Kang-in satu hari sebelum semifinal di Piala Asia 2023 melawan Yordania cukup mengganggu kondisi tim.

"Klinsmann mengatakan dalam rapat bahwa perkelahian antara Son Heung-min dan Lee Kang-in mengganggu performa tim. Asosiasi saat ini menginvestigasi kebenaran insiden tersebut," kata Hwang.

"Klinsmann tidak mengakui masalah kurangnya taktik yang terjadi di Piala Asia 2023. Pemecatan Klinsmann belum diputuskan, tapi pendapat Komite Teknik akan dilaporkan ke asosiasi," tutur Hwang.