Shin Tae-yong Lepas dari Radar, Timnas Korea Selatan Jatuhi Pilihan ke Hwang Sun-hong
Shin Tae-yong tak lagi masuk bidikan KFA untuk melatih Timnas Korea Selatan (dok. AFC).

Bagikan:

JAKARTA - Nama pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, akhirnya bisa lepas dari rumor yang mengaitkannya dengan Timnas Korea Selatan.

Federasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA) telah menjatuhkan pilihan lain untuk menangani Taegeuk Warriors menggantikan Jurgen Klinsmann.

KFA resmi menunjuk Hwang Sun-hong sebagai caretaker atau pelatih sementara Timnas Korea Selatan. Kabar ini diketahui dari unggahan di akun Instagram mereka pada Selasa, 27 Februari 2024, dimana Hwang Sun-hong bakal menukangi timnas Korea Selatan U-23.

"KFA telah menunjuk Hwang Sun-hong sebagai pelatih sementara Timnas Korea Selatan," tulis keterangan yang dikutip pada Rabu, 28 Februari 2024.

"Ia akan memimpin dua pertandingan berturut-turut melawan Thailand pada Maret 2024 di Kualifikasi Piala Dunia 2026 hingga penunjukan pelatih resmi pada awal Mei 2024," lanjut keterangan itu.

Pengumuman Hwang Sun-hong sebagai pelatih sementara Timnas Korea Selatan sekaligus mengubur kabar Shin Tae-yong menjadi bidikan KFA.

Sebelumnya, ada rumor menyebut bahwa pelatih Timnas Indonesia itu diminati KFA untuk menggantikan Jurgen Klinsmann yang dipecat pada 16 Februari 2024.

Nama Shin Tae-yong masuk bidikan KFA karena performanya yang dianggap cakap. Selain itu, hal lain yang membuat kabar ini semakin kencang ialah status kontrak Shin Tae-yong di Indonesia yang bakal berakhir pada Juni 2024.

Terlepas dari isu Shin Tae-yong bakal pulang kampung, KFA telah menunjuk Hwang. Pelatih sementara itu akan langsung memimpin Timnas Korea Selatan selama dua laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia melawan Thailand.

Korea Selatan kemudian akan memainkan dua pertandingan kualifikasi tersisa pada Juni 2024.