Salernitana Terancam Turun Kasta, Empoli Keluar dari Zona Degradasi
Pemain Empoli merayakan gol di pertandingan Serie A Italia melawan Salernitana. (X/@EmpoliFC)

Bagikan:

JAKARTA - Empoli berhasil keluar dari zona degradasi setelah mengalahkan penghuni dasar klasemen Salernitana 3-1 di pertandingan Serie A di Stadion Arechi, Sabtu, Februari 2024 dini hari WIB.

Pertarungan besar dari dua tim papan bawah. Salernitana yang bertindak sebagai tuan rumah berharap bisa memetik kemenangan ketiga musim ini sekaligus membuka peluang memperbaiki posisi.

Namun harapan itu tak kesampaian. Empoli yang juga berada di zona merah tetap memiliki kebutuhan sama. Hasilnya kedua tim harus saling jegal.

Empoli yang berhasil menunjukkan perfoma terbaik untuk mengalahkan tim asuhan Filippo Inzaghi. Kemenangan itu membawa Empoli keluar dari zona degradasi.

Dengan memiliki 21 poin, Empoli langsung melesat ke peringkat 15. Unggul tiga poin dengan Verona yang menggantikan posisi mereka dan Cagliari.

Sementara, Salernitana tetap berada di dasar klasemen. Dengan hanya menang dua kali dan memiliki poin 13, mereka kian dekat ke Serie B musim depan.

Laga itu sendiri berjalan ketat karena kedua tim sama-sama tak ingin mengalah. Empoli berhasil unggul lebih dulu setelah bek Alessandro Zanoli membuat gol bunuh diri di menit 23.

Berawal dari serangan Empoli dan striker Niccolo Cambiaghi melepaskan umpan silang yang mengenai kepala Zanoli.

Bola 'sundulan' Zanoli pun meluncur ke sudut atas gawang tanpa bisa diselamatkan kiper Guillermo Ochoa. Tidak ada lagi gol yang tercipta sehingga skor tetap 1-0 untuk Empoli sampai akhir babak pertama.

Di babak kedua, Salernitana mencoba bangkit. Serangan mereka mulai merepotkan pertahanan tim tamu.

Usaha mereka akhirnya berhasil setelah Shon Weissman yang melakukan debut mencetak gol di menit 69. Sundulannya menyambut umpan silang Antonio Candreva mengubah skor menjadi 1-1.

Empoli kemudian kembali bermain menyerang. Kali ini, mereka berhasil unggul lagi setelah M’Baye Niang mencetak gol dari titik penalti menit 88. Penalti diberikan setelah Jacopo Fazzini dijatuhkan Marco Pellegrino di kotak terlarang.

Wasit menunjuk titik putih dan Niang menuntaskan eksekusi itu. Selanjutnya Niang pula yang memberikan assist kepada Matteo Cancellieri yang kemudian dikonversi menjadi gol pada injury time. Skor berubah menjadi 3-1 untuk Empoli dan bertahan sampai akhir laga.