Bagikan:

JAKARTA - Lazio memperbaiki performa di kompetisi Serie A Italia. Tim ibukota ini berhasil kembali ke jalur menang setelah mengalahkan Empoli 2-0 di pertandingan Serie A Italia di Stadion Carlo Castellani, Sabtu, 23 Desember dini hari WIB.

Lazio tak butuh waktu lama untuk bangkit. Usai menelan kekalahan mengecewakan 2-0 saat menghadapi Inter Milan di pertandingan tandang, Le Aquile langsung kembali ke jalur menang.

Hasil yang memuaskan karena Lazio meraih kemenangan di laga tandang. Tambahan satu poin itu menjadikan Lazio naik satu strip. Mereka menduduki peringkat sembilan dengan poin 24.

Sementara Empoli masih belum keluar dari zona degradasi. Kekalahan itu menjadikan Gli Azzuri tetap di posisi 18 dengan poin 12. Mereka pun menjadi salah satu tim bersama Verona dan Salernitana yang terancam turun kasta musim depan.

Di laga itu, Lazio masih belum diperkuat bek andalan Alessio Romagnoli yang cedera. Sedangkan Manuel Lazzari absen karena suspended atau kena larangan bermain.

Meski demikian, pasukan Maurizio Sarri tetap bisa menunjukkan penampilan terbaik. Saat pertandingan baru berjalan sembilan menit, mereka sudah unggul melalui gelandang Matteo Guendouzi.

Pemain asal Prancis ini sukses menaklukkan kiper Elia Caprile setelah Luis Alberto dan Mattia Zaccagni gagal melakukannya meski mendapat peluang bagus untuk mencetak gol. Ini juga menjadi gol pertama Giendouzi di Serie A Italia.

Saat unggul 1-0, Lazio malah mendapat pukulan dengan cedera yang dialami striker andalan Ciro Immobile di menit 22. Eks penyerang timnas Italia ini sempat mendapat perawatan di lapangan sebelum akhirnya ditarik keluar. Posisinya kemudian digantikan Valentin Castellanos.

Tak lama kemudian atau hanya berselang tiga menit, giliran Luis Alberto yang mengalami cedera otot. Dia ditarik pula dan digantikan pemain timnas Jepang Daichi Kamada.

Empoli sendiri mencoba bangkit dan memberi tekanan. Hanya saja pertahanan solid Lazio menjadikan tuan rumah gagal mencetak gol. Apalagi kiper Ivan Provedel tampil gemilang dan menggagalkan dua peluang bagus Empoli.

Paling tidak, Empoli mendapat kesempatan melalui Alberto Grassi dan Daniel Maldini, anak dari legenda AC Milan Paolo Maldini. Namun peluang itu bisa digagalkan Provedel sehingga skor 1-0 untuk Lazio tak berubah sampai akhir babak pertama.

Memasuki babak kedua, Empoli tetap tampil menyerang untuk mengejar ketinggalan gol.

Bahkan tuang nyaris menyamakan skor saat Nicolo Cambiaghi mendapat peluang lewat tendangan jarak jauh di menit 50. Namun lagi-lagi Provedel secara gemilang mengagalkannya.

Meski mendapat tekanan, Lazio justru berhasil memperbesar keunggulan. Kali ini, Zaccagni yang membobol gawang Empoli setelah memanfaatkan bola rebound.

Wasit sempat meninjau gol itu lewat VAR. Hasilnya gol kedua Lazio bersih dan wasit tetap mengesahkannya. Skor menjadi 2-0 untuk Lazio dan tidak ada lagi gol yang tercipta. Lazio pun menutup laga dengan kemenangan.