Menang Lawan Empoli, AC Milan Terus Buru Juventus
Pemain AC Milan merayakan gol Chaka Traore.di laga melawan Empoli. (X/@acmilan)

Bagikan:

JAKARTA - AC Milan meraih kemenangan tandang pertama di tahun baru. Di laga tandang di Stadion Castellani Computer Gross Arena, Minggu, 7 Januari malam WIB, Milan menang telak 3-0 atas Empoli yang memungkinkan mereka memburu Juventus.

Milan menunjukkan konsistensi di berbagai kompetisi. Setelah menghajar Cagliari 4-1 di babak 16 besar Coppa Italia, Rossoneri melanjutkan tren positif dengan menaklukkan Empoli.

Hasil tersebut menjadikan Milan tak terkalahkan selama lima laga terakhir di berbagai kompetisi. Milan hanya sekali imbang saat bertemu Salernitana. Pada empat laga lain, mereka selalu meraih kemenangan.

Pencapaian mengesankan itu menjadikan Milan mulai mendekati Juventus. Kemenangan atas Empoli membuat Milan mengantungi pon 39.

Hanya tim asuhan Stefano Pioli masih terpaut empat poin dari Juve yang bertengger di peringkat dua. Namun Juve berpeluang menjauh dari Milan bila mengalahkan Salernitana, Senin, 8 Januari di hari WIB.

Sementara, Empoli masih berkutat di zona degradasi. Menduduki peringkat 19 atau kedua dari bawah dengan memiliki poin 13, Empoli terancam turun ke Serie B musim depan.

Di laga itu, Milan melakukan start mengesankan. Pertandingan baru berjalan 11 menit, Milan sudah unggul melalui gelandang Ruben Loftus-Cheek. Pemain Inggris yang sudah mencetak dua gol musim ini sukses menyelesaikan assist dari Rafael Leao.

Gol itu menjadikan Milan kian bersemangat menekan pertahanan lawan. Hasilnya, Milan tak butuh waktu lama untuk memperbesar keunggulan.

Kali ini, striker Olivier Giroud yang mengubah skor menjadi 2-0 dari titik penalti di menit 31. Penalti diberikan setelah pemain Emoli Youssef Maleh handball di kotak terlarang.

Wasit Federico La Penna meninjau insiden lewat VAR mengenai pelanggaran Maleh. Hasilnya, Males dinyatakan telah menyentuh bola sehingga wasit menunjuk titik putih.

Maleh sempat mengajukan protes atas keputusan La Penna. Namun wasit tak menggubris.

Giroud pun menuntaskan eksekusi penalti. Skor dengan keunggulan dua gol untuk Milan bertahan sampai akhir babak pertama.

Di babak kedua, Milan tetap menunjukan dominasi. Paling tidak ada peluang melalui Loftus-Cheek yang masih melebar.

Selanjutnya, sepakan Christian Pulisic berhasil ditepis kiper Elia Caprile. Termasuk bola silang Rafael Leao juga bisa digagalkan Caprile yang sesungguhnya bermain cemerlang.

Empoli pun memberi perlawanan. Tercatat kiper Mike Maignan menggagalkan tendangan dri striker Nicolo Cambiaghi di menit 70.

Selanjutnya, upaya Francesco Caputo masih bisa digagalkan Theo Hernandez dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Meski mendapat tekanan, Milan justru berhasil memanfaatkan celah untuk memantapkan keunggulan.

Lewat serangan balik, tim tamu kembali mencetak gol melalui Chaka Traore. Dirinya menuntaskan umpan dari Pulisic di menit 88. Tidak ada gol lagi yang tercipta. Milan pun menutup laga dengan skor 3-0.