Semifinal Piala Asia 2023 dalam Angka
Yazid Abu Layla, kiper Yordania, pegang rekor clean-sheet dua laga beruntun di fase gugur Piala Asia 2023 (dok. AFC).

Bagikan:

JAKARTA - Semifinal Piala Asia 2023 sudah tuntas pada 7 Februari 2024. Dua tim berhasil merebut tiket final, yaitu Yordania dan Qatar.

Sebelum partai puncak bergulir, semifinal Piala Asia 2023 saja sudah melahirkan banyak drama.

Almoez Ali jadi penentu kemenangan Qatar atas Iran. Golnya pada menit ke-82 mengubur impian Iran ke puncak setelah takluk 2-3.

Sementara Yordania harus berterima kasih kepada gol Yazan Al-Naimat dan Musa Al-Taamari. Dua gol kemenangan itu membuat upaya Korea Selatan untuk meraih gelar Piala Asia pertama kali sejak 1960 pupus.

Yordania melangkah ke final usai menekuk Korea Selatan 2-0 dan akan berjumpa Qatar.

Afif Tak Terbendung

Satu gol lagi dan satu assist dari Akram Afif di laga kontra Iran membuat catatan sang penyerang meningkat menjadi lima gol dan tiga assist di Piala Asia 2023.

Dia kini hanya terpaut satu gol di belakang pencetak gol terbanyak Piala Asia 2023, Aymen Hussein (Irak). Sementara tiga assist atas nama Afif menjadi yang terbanyak di turnamen.

Afif berpeluang untuk mengejar bahkan melampaui Aymen Hussein pada laga final nanti melawan Yordania demi penghargaan top skor Piala Asia 2023.

Gol Tercepat Kedua

Sardar Azmoun membuka keunggulan Iran saat melawan Qatar. Gol tersebut tercatat sebagai gol tercepat kedua dengan waktu tiga menit dan 10 detik.

Raihan itu menjadi gol tercepat di babak gugur dan tercepat kedua di seluruh turnamen.

Satu-satunya gol yang lebih cepat dari milik Azmoun dicetak Karim Ansarifard, juga dari Iran. Ansarifard membobol gawang Palestina ketika waktu baru berjalan satu menit tiga detik di fase grup.

Dua Clean-sheet Beruntun

Yordania menjadi satu-satunya tim yang berhasil mencetak dua clean-sheet beruntun di babak gugur. Gawang kiper Yazid Abu Layla tak kebobolan di perempat final atau semifinal Piala Asia 2023.

Australia cuma berhasi menorehkan satu clean-sheet saat menumbangkan Timnas Indonesia 4-0 di babak 16 besar.

Pemain Terpenting

Hwang In-beom menjadi pemain dengan sentuhan terbanyak (117) dan umpan sukses (90) dibandingkan pemain lain mana pun di semifinal Piala Asia 2023. Gelandang Korea Selatan itu menjadi aktor saat timnya mendominasi permainan atas Yordania.

Taegeuk Warriors menguasai hampir 70 persen penguasaan bola di semifinal, meski mereka tak mampu menembus pertahanan tangguh Yordania tanpa satu pun tembakan tepat sasaran.

Serangan Balik Paling Efektif

Yordania kembali tampil sangat efektif saat melakukan serangan balik ke pertahana Korea Selatan di semifinal. Skema itu menghasilkan gol kedua melalui penyelesaian indah solo run Musa Al-Taamari.

Yordania kini telah mencetak empat gol dari serangan balik cepat, terbanyak dari tim mana pun. Serangan balik cepat Yordania terbukti ampuh dan pertahanan lawan kerap kerepotan melakukan transisi.

Kutukan Iran

Iran kembali gagal melangkah ke final. Situasi itu menjadi kali ketiga yang dialami Team Melli, julukan Iran. Sebelumnya, pada dua edisi terakhir, Iran selalu terhenti di semifinal Piala Asia.

Selain itu, kekalahan dari Qatar di semifinal Piala Asia 2023 menandai ketujuh kalinya Iran tersingkir di empat besar sepanjang keikutsertaan turnamen terbesar se-Asia ini.

Iran telah memenangi gelar Piala Asia tiga kali. Namun, sejak terakhir kali dinobatkan sebagai juara tahun 1976, mereka tidak mampu melampaui babak semifinal.

Tak Terkalahkan

Rekor kemenangan Qatar (dalam waktu normal) pada Piala Asia terhenti di angka 11 ketika mereka bermain seri 1-1 melawan Uzbekistan pada perempat final (yang kemudian mereka menang melalui adu penalti).

Mereka sebelumnya selalu menang dalam tujuh laga di Piala Asia terakhir, edisi 2019, yang berujung gelar juara.

Kehebatan Qatar berlanjut di Piala Asia 2023. Mereka memenangi tiga laga fase grup dan babak 16 besar. Hanya saja, catatan apik tersebut terhenti di perempat final melawan Uzbekistan.

Meski demikian, rekor tak terkalahkan Qatar di Piala Asia terus berlanjut yang sudah mencapai 13 kali sampai semifinal edisi tahun ini.

Terakhir kali Qatar mengalami kekalahan terjadi pada Piala Asia edisi 2015 di babak grup melawan Bahrain.

Selain itu, kemenangan 3-2 atas Iran mengakhiri enam kekalahan beruntun di semua ajang melawan Team Melli.

Tidak Pernah Kalah dari Korea Selatan

Yordania sudah bertemu Korea Selatan sebanyak tiga kali di Piala Asia. Perjumpaan pertama terjadi ketika mereka debut pada edisi 2004.

Yordania bermain seri 0-0 melawan Taegeuk Warriors saat turnamen digelar di China.

Pada Piala Asia 2023, Yordania bertemu dua kali. Bentrok pertama terjadi di babak grup kala laga berakhir seri 2-2.

Terakhir, mereka dipertemukan lagi di semifinal. Kali ini, Yordania berhasil menang 2-0 sekaligus melanjutkan rekor tak pernah kalah atas Korea Selatan.

Itu merupakan kemenangan pertama Yordania atas Korea Selatan setelah kalah tiga kali dan seri satu kali dalam pertandingan mereka di luar Piala Asia.