Jurgen Klinsmann Akui Yordania Pantas Menang Lawan Korea Selatan di Semifinal Piala Asia 2023
Jurgen Klinsmann menyebut Yordania layak menang di semifinal Piala Asia 2023 melawan Korea Selatan (dok. AFC).

Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Korea Selatan, Jurgen Klinsman, sangat kecewa atas hasil laga semifinal Piala Asia 2023 melawan Yordania di Stadion Ahmad bin Ali pada Selasa, 6 Februari 2024.

Korea Selatan kalah 0-2 melalui gol Yazan Al-Naimat dan Musa Al-Taamari sehingga gagal melangkah ke final Piala Asia 2023.

Kekalahan itu menutup peluang Taegeuk Warriors untuk mencari gelar Piala Asia pertama sejak terakhir kali meraihnya pada edisi 1960.

Klinsmann menyebut Yordania memang layak menang pada laga tersebut.

"Kecewa karena kami punya target besar mencapai final, tapi Yordania pantas mendapatkan kemenangan ini. Mereka pantas melaju ke final. Mereka bermain lebih agresif dibandingkan kami."

"Saya memberi tahu tim tentang pertarungan yang harus kami menangi, tetapi Yordania memenangi hampir semua pertarungan di babak pertama. Ketika Anda kebobolan, hampir selalu terjadi kesalahan."

"Saya sangat kecewa dan saya sangat marah karena kami seharusnya bisa tampil lebih baik. Pembicaraan kami sebelum pertandingan adalah bahwa kami harus memenangi pertarungan kami. Namun, kami nyaris tak ada (peluang) pada 30-35 menit pertama. Yordania lebih menginginkannya (ke final) dan mereka menunjukkannya," kata Klinsmann di laman AFC.

Padahal, Taegeuk Warriors mengemas hampir 70 persen penguasaan bola, tapi Son Heung-min dan rekan-rekan tak mampu merepotkan gawang Yazeed Abulaila. Bahkan, tak mencatatkan satu pun tembakan tepat sasaran.

Korea Selatan memang tampil kurang meyakinkan sejak fase grup hingga perempat final. Empat dari lima laga sebelum semifinal mereka ada di posisi genting.

Son Heung-min dan kolega cuma meraih lima poin di babak grup. Setelah menang meyakinkan melawan Bahrain 3-1, mereka terseok-seok. Pasukan Klinsmann lantas seri melawan Yordania 2-2 dan Malaysia 3-3.

Lolos sebagai runner-up grup, penampilan mereka di babak 16 besar Piala Asia 2023 juga belum membaik. Mereka nyaris kalah melawan Arab Saudi sebelum Cho Gue-sung mencetak gol pada injury time babak kedua.

Beruntung, Korea Selatan bisa memenangi babak adu penalti 4-2 setelah skor 1-1 bertahan hingga babak tambahan.

Langkah mereka di perempat final kembali tak mulus. Lagi-lagi Korea Selatan hampir gugur melawan Australia andai tak ada gol penyama kedudukan dari Hwang Hee-chan pada injury time babak kedua.

Keberuntungan menyelamatkan Taegeuk Warriors lagi. Son Heung-min mencetak gol pada babak tambahan sekaligus menutup kemenangan 2-1.

Laga melawan Yordania semakin meyakinkan bahwa Korea Selatan memang tengah bermasalah dalam penampilan mereka. Yordania bisa mengekspos kelemahan anak asuh Klinsmann.

Tak heran bila Klinsmann melontarkan pujian bahwa Yordania layak menang pada semifinal Piala Asia 2023.