Bagikan:

JAKARTA - Pertarungan Arab Saudi vs Korea Selatan menjadi perjumpaan dua pelatih top dunia. Ada sosok Roberto Mancini di balik kemudi Arab Saudi dan Jurgen Klinsmann di pos juru taktik Korea Selatan.

Laga ini menjadi partai paling sengit ketimbang lainnya pada babak 16 besar Piala Asia 2023.

Ini merupakan bentrok kedua Klinsmann dan Mancini sejak mereka menukangi dua raksasa Asia tersebut.

Sebelumnya, Korea Selatan dan Arab Saudi pernah menggelar partai persahabatan di St. James Park, Newcastle, Inggris. Taegeuk Warriors menang tipis 1-0.

Klinsmann menyadari Arab Saudi jauh berbeda daripada saat mereka bertemu pertama kali. Pelatih asal Jerman itu menegaskan pasukannya perlu bekerja lebih keras jika ingin menang.

"Anda bisa melihat sekarang tulisan tangannya (Mancini) di tim setelah 10 pertandingan. Mereka adalah tim yang sangat bagus, tapi kami sudah siap," kata Klinsmann tentang Mancini, yang ditunjuk pada Agustus 2023.

"Kami memiliki kekuatan. Kami memiliki semangat yang kami perlukan untuk yakin bahwa kami dapat terus maju di Piala Asia 2023."

"Kami harus percaya bahwa kami bisa mengalahkan Arab Saudi, tapi ini akan membutuhkan kerja keras, akan sangat sulit, dan mungkin akan berlanjut ke adu penalti."

"Apa pun bisa terjadi dalam sepak bola, Anda tidak bisa memprediksi apa yang akan terjadi selanjutnya," ujar Klinsmann di laman AFC.

Korea Selatan di atas kertas tak menjadi favorit mengingat penampilan mereka sepanjang Grup E Piala Asia 2023.

Alih-alih superior, Taegeuk Warriors justru terseok-seok. Mereka cuma mengemas satu kemenangan dan dua seri.

Satu-satunya kemenangan diraih ketika melawan Bahrain (3-1). Dua hasil seri sisanya didapat saat berjumpa Yordania (2-2) bahkan Malaysia (3-3).

Mereka lolos ke babak 16 besar cuma sebagai runner-up Grup E.

Klinsmann melihat anak asuhnya punya beberapa kekurangan. Namun, dia menegaskan sudah semakin baik ketika nanti melawan Arab Saudi.

"Yang kami tahu ialah kami telah berlatih keras selama beberapa minggu terakhir. Kami mempunyai tujuan dalam pikiran kami. Kami fokus."

"Kami tahu kami melakukan beberapa kesalahan, tetapi kami telah memperbaikinya. Semoga Anda akan melihat pertandingan yang sangat menarik," tuturnya.

Bahkan, Klinsmann melambungkan kepercayaan kepada anak didiknya bisa menekuk siapa pun lawan di babak gugur ini.

"Sejujurnya saya tidak takut pada siapa pun. Tidak ada rasa takut, tapi rasa hormat yang tinggi. Kami sangat menghormati setiap lawan yang kami hadapi. Sebelumnya, Yordania, Bahrain, Malaysia, kami menghormati mereka semua, ini penting."

"Roberto melakukan pekerjaannya dengan luar biasa. Itu adalah proses langkah demi langkah yang harus dia lalui bersama timnya. Ini adalah petualangan baru baginya, ini adalah petualangan baru bagi saya berada di Korea Selatan dan melatih tim fantastis ini," kata Klinsmann.

Laga Arab Saudi vs Korea Selatan akan dihelat di Stadion Education, Al Rayyan, pada Selasa, 30 Januari 2024, pukul 22.00 WIB.