Everton Lolos dari Kekalahan di Menit Terakhir, Tottenham Gagal Saingi Man City dan Arsenal
Pemain Everton merayakan gol di menit terakhir striker Jarrad Branthwait saat melawan Tottenham Hotspur. (X/@Everton)

Bagikan:

JAKARTA - Laga Premier League Inggris yang berlangsung dramatis saat Everton terhindar dari kekalahan lewat gol di menit terakhir saat menjamu Tottenham Hotspur di Stadion Goodison Park, Sabtu, 3 Februari 2024 malam WIB. Tottenham pun gagal menyaingi Manchester City dan Arsenal.

Tottenham gagal menyegel tiga poin saat menghadapi tuan rumah Everton. Unggul lebih dulu setelah striker Richarlison memborong dua gol.

Namun Everton tak menyerah. Usaha keras mereka membuahkan hasil dengan mencetak gol di injury time.

Akibatnya, Tottenham gagal menang dan menunda peluang menyamai perolehan poin Man City yang menduduki peringkat dua dan Arsenal yang berada di posisi tiga.

Tottenham yang sudah melakoni 23 pertandingan memiliki poin 44. Terpaut dua poin dari dua tim di atasnya.

Selain itu Man City baru menjalani 21 pertandingan. Sedangkan Arsenal sudah tampil selama 22 laga sehingga keduanya berpeluang menjauh dari The Lilywhites.

Sebaliknya, Everton berhasil keluar dari zona degradasi setelah memperbaiki peringkat. Mereka naik satu strip dan menduduki posisi 17 dengan poin 19.

Sama dengan Luton Town, namun Everton yang sudah menyelesaikan 23 laga unggul selisih gol. Hanya saja, Luton baru menyelesaikan 21 pertandingan.

Di laga itu, Tottenham yang kembali diperkuat James Maddison dan bek Micky van de Ven, sesungguhnya menunjukkan performa maksimal.

Tottenham, bahkan, sudah mencetak gol saat laga baru berjalan empat menit. Gol dihasilkan Richalison yang menyambut assist Iyenoma Udogie lewat tendangan voli.

Tertinggal 1-0 menjadikan Everton berusaha bangkit. Mereka mencoba bermain ofensif demi menekan pertahanan Tottenham.

Usaha The Toffees menyamakan skor tak sia-sia. Gelandang Jack Harrison sukses membobol gawang lawan setelah menyelesaikan umpan dari James Tarkowski di menit 30.

Namun Tottenham kembali unggul menjelang akhir babak pertama. Kali ini, Richarlison mencetak brace setelah mendapat assist dari Maddison lewat sebuah serangan balik. Skor 2-1 untuk Tottenham bertahan sampai akhir laga.

Di babak kedua, Everton bermain lebih agresif. Hanya saja, serangan mereka selalu gagal. Dengan penguasaan bola yang berimbang, Everton sesungguhnya cukup aktif menekan pertahanan Tottenham.

Usaha pantang menyerah tuan rumah akhirnya membuahkan hasil di injury time. Striker Jarrad Branthwait sukses membobol gawang Tottenham setelah menyambut bola liar pada menit 90+4.

Wasit Michael Oliver sempat meninjau insiden sebelum terciptanya gol lewat VAR. Namun Oliver tetap mengesahkan gol tersebut. Skor berubah menjadi 2-2 dan bertahan sampai akhir laga.