Thailand Masters 2024: Enam Wakil Indonesia ke Perempat Final
Dejan Ferdiansyah/Gloria Emanuelle Widjaja ke perempat final Thailand Masters 2024 (dok. PBSI).

Bagikan:

JAKARTA - Enam dari sembilan wakil Indonesia yang bertarung pada babak 16 besar Thailand Masters 2024 di Stadion Nimibutr, Bangkok, Kamis, 1 Februari 2024, berhasil menang dan melanjutkan perjalanan.

Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati dari nomor ganda campuran menjadi wakil Indonesia terakhir yang memastikan tiket ke perempat final.

Menghadapi wakil Malaysia, Goh Soon Huat/Shevon Jemie Lai, mereka menang dramatis setelah melewati rubber game. Rehan/Lisa mengalahkan wakil Malaysia dengan skor 21-17, 17-21, dan 21-16.

Sebelumnya, sektor ganda campuran sudah mengamankan satu tiket delapan besar. Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja menang melawan pasangan Hong Kong, Lee Chun Hei Reginald/Ng Tsz Yau, dua gim langsung, 21-15 dan 24-22.

Selain dua ganda campuran, dua ganda putri juga melenggang ke perempat final. Jesita Putri Miantoro/Febi Setianingrum tanpa kesulitan menaklukkan ganda Jerman, Linda Efler/Isabel Lohau.

Mereka sempat bersaing sengit pada set pertama dengan kemenangan 23-21. Jesita/Febi kemudian menang mudah di set kedua dengan keunggulan jauh 21-8.

Jesita/Febi menyusul pasangan Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi yang sudah tampil lebih dulu.

Febriana/Amalia menang dua set langsung melawan Hsu Yun-Hui/Lin Jhih Yun (China Taipei) dengan skor 21-14 dan 24-22.

Sayang, perjalanan apik dua ganda putri itu tak diikuti pasangan Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto.

Lanny/Ribka harus takluk di tangan ganda putri tuan rumah, Benyapa Aimsaard/Nuntakarn Aimsaard, dalam dua set dengan skor 13-21 dan 23-25.

Bergeser ke ganda putra. Perjalanan Rahmat Hidayat/Yeremia Rambitan terhenti di babak 16 besar setelah kalah dari ganda China, He Ji Ting/Ren Xiang Yu, dalam dua gim, 16-21 dan 13-21.

Rahmat/Yeremi ikut angkat koper bareng Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin yang juga gagal ke perempat final.

Penampilan apik Leo/Daniel saat menjuarai Indonesia Masters 2024 pekan lalu gagal berlanjut di Thailand Masters 2024.

Mereka kalah dari ganda putra Thailand, Peeratchai Sukphun/Pakkapon Teeraratsakul, dalam pertarungan rubber game, 17-21, 21-19, dan 16-21.

Artinya, ganda putra menyisakan satu wakil di perempat final. Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri jadi satu-satunya harapan Indonesia di nomor ganda putra.

Bagas/Fikri tak banyak mengeluarkan keringat menuju delapan besar lantaran ganda Korea Selatan, Ko Sung-hyun/Shin Baek-cheol, mundur akibat cedera.

Pertandingan saat itu baru berjalan dua menit dan skor set pertama 5-0 untuk keunggulan Bagas/Fikri.

Terakhir, satu-satunya pebulu tangkis tunggal Indonesia yang berhasil mencapai perempat final ialah Ester Nurumi Tri Wardoyo.

Dia sukses menumbangkan tunggal putri Kanada, Wen Yu Zhang, dua set langsung dengan skor 21-12 dan 21-14.

Sementara itu, tak ada wakil lagi di sektor tunggal putra setelah Tommy Sugiarto dan Alwi Farhan sudah takluk di pertandingan pertama di babak kualifikasi serta babak pertama atau 32 besar.

Laga perempat final akan berlangsung pada Jumat, 2 Februari 2024.

Wakil Indonesia di Perempat Final Thailand Masters 2024

Tunggal Putri

Ester Nurumi Tri Wardoyo

Ganda Putri

Jesita Putri Miantoro/Febi Setianingrum

Febriana Dwipuji Kusuma/Amallia Cahya Pratiwi

Ganda Putra

Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri

Ganda Campuran

Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja

Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati