Bagikan:

JAKARTA - Piala Asia 2023 mendapat liputan global seluruh pertandingan babak grup. Sekitar 60 mitra media dan lebih dari 120 saluran di seluruh dunia menyediakan siaran langsung turnamen sepak bola terbesar se-Asia ini.

Catatan itu mengukuhkan Piala Asia 2023 atau edisi ke-18 sebagai penyelenggaraan dengan jangkauan siaran terbesar sepanjang sejarah turnamen sejak 1956.

Siaran Piala Asia 2023 ini menjangkau 160 wilayah dan pertama kali semua laga babak grup disiarkan langsung di negara-negara di luar wilayah Asia, seperti Amerika Serikat, Eropa, Amerika Latin, dan Afrika.

Otomatis, pemirsa televisi juga meningkat pesat. Tak heran, rating TV kumulatif naik sebesar 14 persen selama babak grup dibandingkan edisi 2019.

Kenaikan itu juga dipicu siaran gratis di beberapa wilayah tim peserta Piala Asia 2023.

Vietnam merupakan menyumbang lebih dari 200 juta penonton dalam pertandingan babak Grup di VTV5 dan saluran lokal lainnya. Angka tersebut mewakili peningkatan rating TV sebesar 84 persen ketimbang babak grup edisi 2019.

Lalu siaran tvN dan tvN Sports di Korea Selatan menghasilkan peningkatan rating TV sebesar 51% dibandingkan babak grup edisi 2019. Lebih dari 65 juta penonton mengikuti perjalanan Korea Selatan selama fase grup.

Kembalinya Indonesia ke Piala Asia AFC untuk pertama kalinya sejak tahun 2007 menarik sekitar 154 juta pemirsa TV selama babak grup. Data itu belum ditambah penonton layar kaca saat Timnas Indonesia tampil di babak 16 besar Piala Asia 2023.

Data penonton selama babak grup ini belum sepenuhnya terkumpul dari sejumlah pasar utama.

Bahkan, lonjakan pesat penonton tak cuma terjadi di pemirsa TV. Saluran Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) dengan penayangan babak grup di YouTube sudah meningkat lebih dari 120 persen dari keseluruhan edisi 2019.

"Angka pemirsa TV awal yang menarik ini memperkuat meningkatnya permintaan akan sepak bola AFC dan menegaskan kembali platform kelas dunia Piala Asia 2023 untuk para pemain, tim, dan penggemar kami yang setia."

"Selain jangkauan penonton yang benar-benar global sejauh ini, kami berharap dapat bekerja sama dengan media dan mitra penyiaran kami yang berharga seiring dengan upaya kami untuk meningkatkan volume liputan TV dan berinteraksi dengan ratusan juta penggemar sepak bola di Asia dengan cara yang belum pernah ada sebelumnya," ujar Sekretaris Jenderal AFC, Datuk Seri Windsor John.