Valencia Hentikan Rekor Tak Terkalahkan Athletic Bilbao
Pemain Valencia Hugo Duro merayakan gol di laga melawan Athletic Club Bilbao. (valenciacf_en)

Bagikan:

JAKARTA - Valencia menghentikan rekor tak terkalahkan Athletic Bilbao. Dalam duel La Liga Spanyol di Stadion Mestalla, Minggu, 21 Januari 2024, dini hari WIB, Valencia menaklukkan Athletic 1-0.

Rekor gemilang Athletic berakhir sudah. Ini menjadi kekalahan pertama Athletic setelah 14 laga tak pernah kalah di berbagai kompetisi.

Athletic terakhir kali mengalami kegagalan meraih poin pada 23 Oktober 2023. Saat itu, mereka tak bisa menghentikan laju Barcelona dan akhirnya menyerah lewat skor tipis 1-0 di kompetisi La Liga.

Pencapaian mengesankan ini menjadikan Zuri-gorriak melesat ke peringkat tiga dengan memiliki poin 41. Apalagi, Athletic bermodalkan pemain lokal atau sekitar wilayah Basque.

Hanya satu pemain asing, yaitu striker Inaki Williamas yang membela Athletic. Saat melawan Valencia, mereka sepenuhnya mengandalkan pemain lokal karena Williams tengah membela Ghana di Piala Afrika 2023.

Namun tim dengan materin pemain lokal bisa menembus tiga besar. Mereka tidak hanya menggeser Atletico Madrid, tetapi juga Barca.

Kebetulan lagi, dua pesaing Athletic tengah melakoni pertandingan di Piala Super Spanyol. Mereka pun masih bisa menggeser Athletic karena menyimpan dua pertandingan sisa.

Kekalahan dari Valencia pun menjadikan Athletic gagal menjauh dari dua pesaingnya. Barca dan Athletic memiliki poin sama. Namun tim asuhan Ernesto Valverde ini masih unggul selisih gol sehingga menempati posisi di bawah Girona dan Real Madrid.

Sementara, Valencia berhasil naik peringkat. Kini, Los Che yang mencatat empat kemenangan berturut-turut menduduki posisi tujuh dengan poin 32. Sama dengan Real Sociedad, namun Valencia masih kalah selisih gol.

Di laga melawan Athletic itu sendiri, Valencia menghadapi pertahanan yang sangat kuat. Kekokohan pertahanan yang digalang kiper Unai Simon menjadi kunci pencapaian mengesankan Athletic.

Gawang Simon pun hanya kebobolan sekali selama sembilan laga sebelumnya. Namun gawang dia akhirnya kebobolan setelah Hugo Duro berhasil mengalahkan Yuri Berchiche saat melompat menyambut umpan silang Jose Gaya.

Sundulan kencang Duro menembus gawang Athletic di menit 61. Ini merupakan gol kesembilan Duro musim ini.

"Ini merupakan laga yang sulit karena Athletic memiliki penampilan yang bagus. Tetapi ini adalah Mestalla dan kami selalu bermain bagus di sini karena dukungan dari suporter," ujar Duro.

Athleti bukannya tana peluang di laga itu. Dimotori duet Nico Williams dan Oihan Sancet, Athletic mampu merepotkan pertahanan tuan rumah.

Peluang terbaik Athletic untuk menyamakan skor diperoleh Unai Gomez di menit 79. Namun sepakannya masih bisa digagalkan Giorgi Mamardashvili.

"Kami mengontrol pertandingan. Tetapi setiap peluang kami tak bisa diubah menjadi gol," kata Valverde.

"Kami mendapatkan satu peluang bagus. Mereka juga hanya mendapat satu peluang, tetapi Hugo Duro mampu membuat perbedaan," ucapnya.

Usai laga ini, Athletic bertemu Barcelona di perempat final Copa del Rey. Laga digelar di kandang Athletic di Stadion San Mames Barria, Bilbao, 25 Januari 2024, dini hari WIB.