Bagikan:

JAKARTA - Valencia kembali menelan kekalahan sehingga terpuruk di dasar klasemen La Liga Spanyol. Kali ini, Valencia harus mengakui keunggulan Athletic Bilbao 1-0 dalam duel Stadion San Mames, Kamis, 29 Agustus 2024 dini hari WIB.

Awal yang sangat buruk bagi Valencia. Mereka memulai kompetisi La Liga tanpa pernah menang. Bahkan selama tiga laga pertama, Valencia selalu menelan kekalahan.

Hasil buruk itu sudah pasti membawa Los Che ke dasar klasemen. Mereka juga menjadi satu-satunya tim yang belum mendapatkan poin karena selalu mengalami kekalahan.

Sementara, Espanyol dan Girona yang sama-sama berada di zona degradasi dengan menduduki peringkat 18 dan 19 setidaknya sudah memiliki satu poin. Hanya kompetisi memang masih panjang sehingga Valencia tetap berpeluang keluar dari zona degradasi.

Bilbao sendiri berhasil memperbaiki peringkat setelah meraih kemenangan di kompetisi. Kini, Nico Williams dkk mengantungi poin empat dan menempati posisi sembilan. Meski masih tertahan di papan tengah, posisi Bilbao setidaknya sudah lebih baik.

Di pertandingan itu, Bilbao yang bermain terbuka memaksa Valencia lebih banyak bertahan. Beruntung, Valencia memiliki kiper Giorgi Mamardashvili yang sudah direkrut Liverpool. Namun kiper timnas Georgia ini tetap bermain di Valencia hingga akhir musim.

Di sepanjang babak pertama, Mamardashvili berkali-kali melakukan penyelamatan. Termasuk aksi gemilang dari kiper berusia 23 ini saat menepis tendangan dari Inaki Williams.

Meski berulang kali gagal, namun tim asuhan Ernesto Valverde akhirnya berhasil membobol gawang Valencia. Gelandang Benat Prados yang menyelesaikan assist dari Oscar de Marcos sukses menaklukkan Mamardashvili menjelang akhir babak pertama. Skor berubah menjadi 1-0 untuk Bilbao dan bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, situasi tak berubah. Bilbao tetap menguasai permainan dan lebih banyak melakukan tekanan. Sementara, Valencia masih mengalami kesulitan, terutama di sektor depan. Akibatnya, pasukan Ruben Baraja jarang memberi tekanan pada pertahanan tuan rumah.

Mamardashvili masih menunjukkan penampilan terbaik sehingga tetap bisa menyelamatkan gawangnya dari kebobolan untuk kali kedua. Kegagalan Bilbao menambah gol menjadikan skor tetap 1-0 hingga akhir pertandingan.

"Tim telah menunjukkan penampilan terbaik meski kami akhirnya harus memetik hasil seperti ini," kata Baraja menanggapi kekalahan Valencia.

"Kami harus bekerja keras melakukan perbaikan dan kepala tetap tetap menghadapi laga berikutnya," ujarnya