Bagikan:

JAKARTA – Tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting dipastikan pulang dari babak perempat final India Open 2024 setelah ditekuk Lee Cheuk Yiu.

Peraih medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020 tersebut dipaksa menyerah dalam laga rubber game 17-21, 21-18, dan 13-21 melawan wakil Hong Kong tersebut pada Jumat, 19 Januari 2024, malam WIB.

Ginting sebenarnya tampil memimpin pada dua poin awal di gim pertama. Lawan mengejar dan kemudian menyamakan skor menjadi 4-4, 6-6, dan 7-7 sebelum Ginting balik unggul dua poin lagi.

Akan tetapi, lawan mencetak lima angka beruntun setelahnya. Anthony Ginting sempat mengejar ketertinggalan menjadi 13-14, tetapi lawannya berhasil menjaga jarak sampai menang.

Pada gim kedua, Ginting dan Lee terlibat kejar-mengejar angka sampai skor 6-6. Tiga kali skor imbang terjadi lagi setelah itu sebelum Ginting menjauh dengan lima poin beruntun untuk memimpin 19-14.

Lawan sempat merespons dengan empat poin balasan berturut-turut untuk memangkas skor menjadi 18-19. Namun, Ginting berhasil menelurkan dua poin beruntun sesudah itu.

Pada gim penentuan ada lima poin kembar sampai kedudukan 10-10. Setelah itu, lawan tampil dominan dan Ginting hanya sanggup menambah tiga angka lagi.

Ginting melawan Lee selalu berlangsung sengit. Pada empat pertemuan sebelumnya, kedua pebulu tangkis tersebut sama-sama berbagi kemenangan dua kali dan kalah dua kali.

Tiga pertemuan awal dari jumlah bentrokan itu juga selesai dengan rubber game. Satu-satunya laga yang selesai straight game terjadi di Indonesia Masters 2023, di mana Ginting keluar sebagai pemenang.

Kekalahan di India Open 2024 menambah catatan buruk Ginting di dua turnamen yang diikuti awal tahun ini. Sebelumnya, di Malaysia Open 2024 pekan lalu, langkah pebulu tangkis asal Jawa Barat itu bahkan berhenti di babak kedua.

Kekalahan Ginting membuat Indonesia sekarang tinggal berharap kepada pasangan ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, yang bertarung setelah ini.