Bagikan:

JAKARTA - Everton dipaksa bekerja keras mengalahkan Crystal Palace 1-0 di laga ulang atau replay babak ketiga Piala FA. Kemenangan dalam duel d Goodison Park, Liverpool, Kamis, 18 Januari dini hari WIB membawa Everton ke babak keempat.

Everton lolos dari ancaman Palace. Kedua tim Premier League Ingris ini bermain imbang 0-0 pada laga babak ketiga sehingga harus dilakukan replay.

Laga ulang digelar di kandang Everton. Pasalnya di laga pertama, Palace sudah bertindak sebagai tuan rumah.

Hasilnya tak mengecewakan bagi tuan rumah. Meski menang tipis satu gol, namun The Toffees berhasil merebut tiket ke babak selanjutnya.

Kemenangan itu setidaknya mengangkat kepercayaan diri pemain yang mengalami keterpurukan di Premier League.

Ya, Everton dikenai sanksi pengurangan poin atas pelanggaran financial rule. Akibatnya, mereka sempat terdampar di zona degradasi.

Everton memang sempat keluar dari zona merah setelah meraih beberapa kemenangan. Namun pada pekan-pekan terakhir, mereka bertemu lawan berat seperti Totenham Hotspur, Manchester City hingga Wolverhampton Wanderers.

Semua menghajar Everton yang menjadikan mereka kembali ke papan bawah dan hanya unggul satu poin dengan Luton Town yang berada di zona degradasi.

Dalam laga tersebut, Everton sempat mendapat tekanan dari Palace. Manajer Sean Dyche memang tidak menurunkan tim terbaik karena beberapa pemain mengalami cedera seperti Seamus Coleman dan Abdoulaye Doucoure.

Sedangkan kiper timnas Inggris Jordan Pickford dibangkucadangkan. Posisinya digantikan kiper Portugal Joao Virginia yang harus bekerja keras menghadang serangan Palace.

Virginia menunjukkan performa terbaik dengan menggagalkan beberapa peluang dari tim tamu. Bahkan ini menjadi penampilan terbaik dia selama lima musim di Goodison Park.

Tercatat Virginia mementahkan ancaman dari Eberechi Eze dan Tyrick Mitchell yang berpeluang membuahkan gol.

Saat mendapat tekanan, Everton justru berhasil memanfaatkan situasi dan celah dari pertahanan Palace. Gelandang Andre Gomes sukses membobol gawang Palace lewat free kick di menit 42.

Skor berubah 1-0 untuk Everton dan bertahan sampai akhir laga. Everton tampil sebagai pemenang dan di babak berikutnya kembali bertemu sesama tim Liga Premier, Luton. Di laga ini, Everton kembali menjadi tuan rumah.

Pada pertandingan lain, tim Championship Norwich City mengalahkan tim divisi tiga Bristol Rovers 3-1.

Di babak keempat Norwich bertemu tim kuat Premier League Liverpool. Di laga itu, Liverool bertindak sebagai tuan rumah.