Bagikan:

JAKARTA - Piala Asia 2023 dibuka dengan upacara megah di Stadion Lusail pada Jumat, 12 Januari 2024.

Upacara pembukaan turnamen tersebut dihadiri langsung oleh Emir atau Kepala Pemerintahan Qatar, Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani.

Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani memberikan pujian terhadap upacara pembukaan dan segala persiapan Qatar menjadi tuan rumah Piala Asia 2023.

"Mengingat Piala Dunia 2022 diadakan di sini setahun yang lalu, ekspektasi saya tinggi. Apa yang kami alami jauh lebih hebat dari apa pun yang dapat saya bayangkan," kata Syeikh Tamim bin Hamad Al Ansari di laman resmi AFC.

Upacara pembukaan dimulai dengan pertunjukan teater spektakuler berjudul The Lost Chapter of Kelileh & Demneh berdasarkan dongeng kuno berjudul sama.

Pertunjukan tersebut mempunya makna merayakan semangat persahabatan antarbudaya yang beragam di Asia, melampaui batas dan bahasa.

Turut memeriahkan pertunjukan tersebut di antaranya kapten Qatar, Hassan Al Haydos, dan pemain Palestina, Musab Battat, untuk mengambil sumpah pemain.

Suasana permainan tata lampu semakin dipercantik dengan pertunjukan kembang api memukau disusul penampilan penyanyi asal Lebanon, Abeer Nehme.

Setelah upacara pembukaan kelar, Stadion Lusail menjadi arena partai pembuka Piala Asia 2023 yang mempertemukan tuan rumah Qatar melawan Lebanon. Laga itu menjadi milik Qatar setelah menang tiga gol tanpa balas.

Akram Afif mencetak dua gol di laga itu. Satu gol Almoez Ali melengkapi kemenangan Qatar di partai perdana Grup A Piala Asia 2023.