Sokong Penonton Piala Asia 2023, Qatar Sediakan Transportasi Umum Gratis
Kereta Metro Doha bisa diakses semua penonton secara gratis dan terhubung dengan seluruh stadion Piala Asia 2023. (dok. Alkass).

Bagikan:

JAKARTA - Piala Asia 2023 mulai bergulir pada Jumat,12 Januari 2024. Upacara pembukaan digelar di Stadion Lusail pada pukul 22.00 WIB.

Partai pembuka turnamen mempertemukan tuan rumah Qatar melawan Lebanon pada pukul 23.00 WIB di Stadion Lusail.

Perhelatan akbar ini bakal menyedot animo penonton yang begitu besar Demi mendukung mobilitas penyelenggaraan, Pemerintah Qatar menyediakan transportasi umum secara gratis bagi penonton yang telah memiliki tiket.

Melansir Alkass pada Jumat, 12 Januari 2024, fasilitas angkutan gratis ini merupakan kerja sama panitia penyelenggara dengan Kementerian Perhubungan.

"Menjelang dimulainya Piala Asia 2023, kami menyampaikan undangan kepada para penggemar mengajak mereka menggunakan transportasi umum yang canggih dan ramah lingkungan saat menghadiri pertandingan."

"Mereka bisa memanfaatkan layanan tingkat tinggi yang menjamin mendapatkan pengalaman unik dan luar biasa," ucap Direktur Proyek Transportasi Umum Kementerian Perhubungan Qatar, Musnad Ali Al-Misnad.

Pemegang tiket pertandingan Piala Asia 2023 hanya tinggal memindai tiket di Stasiun Metro Doha. Setelah itu, penonton bisa menggunakan angkutan menuju stadion pada hari pertandingan.

Pada penyelenggaraan Piala Asia 2023, ada lima stadion di Qatar yang ditunjuk menjadi venue acara. Kelima stadion tersebut bisa ditempuh lewat jaringan Stasiun Metro Doha.

Layanan transportasi bus gratis selama Piala Asia 2023 ini akan tersedia dari Stasiun Lusail, Al Wakra, Free Zone, dan Universitas Qatar ke stadion Al Bayt, Al Janoub, Al Thumama, dan Abdullah bin Khalifa.

Jaringan Metro Doha, trem dan bus Lusail juga menyediakan akses kursi roda bagi penyandang disabilitas.

"Infrastruktur modern dari sistem transportasi di Qatar akan memungkinkan penggemar dan tim yang berpartisipasi untuk mencapai stadion serta acara besar lainnya plus tempat wisata paling menonjol di negara ini dengan mudah," ujar Musnad Ali Al-Misnad.