Bagikan:

JAKARTA - Piala Asia 2023 di Qatar resmi bergulir seiring digelarnya upacara pembukaan yang berlangsung di Stadion Lusail pada Jumat, 12 Januari 2024, malam WIB.

Berlangsung meriah dan megah, agenda pembukaan ini mengusung pesan perayaan terhadap keberagaman yang sejalan dengan nilai-nilai yang diusung tuan rumah Qatar.

Upacara pembukaan Piala Asia 2023 bertema 'The Lost Chapter of Kelileh & Demneh' yang merupakan dongeng kuno negara Qatar. Kelileh dan Demneh sendiri merupakan hewan motologi yang dianggap pahlawan.

Agenda pembukaan Piala Asia 2023 yang berlangsung megah dan meriah itu diawali dengan peluncuran kembang api disertai tabuhan musik dan tata cahaya gemerlap.

Tak lupa pula ditampilkan tarian khas Qatar serta pertunjukan jerboa atau hewan pengerat gurun yang menjadi maskot Piala Asia 2023.

Duo ikonik, Humood AlKhudher dan Fahad Al Hajjaji, juga tampil membawakan lagu resmi Piala Asia 2023 yang berjudul Hadaf. Lagu ini menghibur ribuan penonton yang penuh sesak di Stadion Lusail.

Setelah upacara pembukaan meriah berlangsung kurang lebih dua jam, gelaran Piala Asia 2023 resmi bergulir dengan ditandai laga pembuka antara tuan rumah Qatar vs Lebanon pukul 23.00 WIB.