Bagikan:

JAKARTA - Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) membahas sederet kontestan yang bakal tampil di Piala Asia 2023 yang mulai bergulir Jumat, 12 Januari 2024. Indonesia tak luput dari tim yang juga ikut dibahas.

Lewat akun Instagram resminya, AFC menampilkan profil Timnas Indonesia dalam gambaran animasi singkat. Dalam momen ini, dua pemain Skuad Garuda, yaitu Asnawi Mangkualam dan Witan Sulaeman, tak luput dari sorotan.

“Tim Garuda akan datang ke #AsianCup2023 dengan tujuan lolos dari babak grup untuk kali pertama!" tulis keterangan yang mengiringi unggahan.

Pada video singkat itu disebutkan bahwa kapten Asnawi menjadi bintang untuk Timnas Indonesia. Sang pemain juga punya catatan 36 pertandingan dan satu gol.

Sementara Witan dipilih sebagai calon bintang lantaran sembilan gol yang sudah dilesakkan mantan pemain Lechia Gdansk tersebut selama membela Skuad Garuda.

Selain menyoroti dua pemain itu, AFC juga menyebutkan fakta positif bahwa Indonesia sudah empat kali lolos ke Piala Asia meski selalu mentok di fase grup, yakni pada 1996, 2000, 2004, dan 2007.

Widodo Cahyono Putro yang merupakan legenda sepak bola Indonesia juga tak luput dalam pembahasan. AFC menjabarkan bahwa mantan penyerang Tim Merah-Putih itu merupakan pencetak gol pertama Indonesia di Piala Asia pada 28 tahun lalu.

Gol Widodo disebut juga sekaligus menjadi salah satu gol terbaik sepanjang masa pada sejarah penyelenggaraan turnamen terbesar se-Asia tersebut.

Selain itu, video singkat dari AFC ini juga menyoroti keberadaan pelatih Shin Tae-yong yang disebut memiliki persentase kemenangan mencapai 52 persen.

Pada pengujung video, akun ini juga tak lupa memaparkan jadwal laga yang akan dijalani Timnas Indonesia di Grup D Piala Asia 2023.

Skuad Garuda akan melakoni laga perdana menghadapi Irak pada 15 Januari 2024. Kemudian, bertemu Vietnam pada 19 Januari 2024 dan melawan Jepang pada 24 Januari 2024.