Yoshimi Yamashita Menjadi Wasit Wanita Pertama dalam Sejarah Piala Asia
Yoshimi Yamashita mendapat kepercayaan menjadi wasit utama di Piala Asia 2023.

Bagikan:

JAKARTA - Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) mengonfirmasi bahwa Yoshimi Yamashita dari Jepang akan memimpin pertandingan Piala Asia AFC 2023. Dia akan menjadi pengadil pada laga Australia vs India, 13 Januari 2024.

Penampilan tersebut begitu penting karena menjadikan Yamashita sebagai wanita pertama yang menjadi wasit utama dalam sejarah Piala Asia.

Selain itu, penetapan tersebut sekaligus prestasi terbaru bagi Yamashita, yang merupakan salah satu dari lima ofisial pertandingan wanita pelopor yang terlibat dalam pertandingan Piala Asia edisi ke-18 di Qatar.

Pada laga Grup B di Stadion Ahmad bin Ali itu, dia akan didukung asisten wasit Makoto Bozono dan Naomi Teshirogi. Trio Jepang ini membuat sejarah sebagai ofisial wanita pertama yang mengawasi pertandingan di Piala AFC (2019), Liga Champions Asia (2022), dan Liga Utama Jepang atau J1 (2023).

Wasit wanita profesional pertama dari Jepang, Yoshimi Yamashita, mendapatkan lencana FIFA pada 2015 dan sejak itu terus mendobrak berbagai rintangan.

Penduduk asli Tokyo ini adalah wanita pertama yang mengelola pertandingan J1 pada September 2022. Dia juga merupakan salah satu dari enam ofisial pertandingan wanita yang ditunjuk untuk Piala Dunia FIFA 2022 Qatar.

Penunjukan ofisial pertandingan wanita di Piala Dunia merupakan kali pertama dalam sejarah turnamen sepak bola terbesar dunia tersebut.

Yamashita adalah wasit utama pada pertandingan pembukaan Piala Dunia Wanita 2023 di Australia-Selandia Baru. Dia kemudian memimpin dua pertandingan lagi dan menjabat sebagai ofisial keempat untuk dua pertandingan berikutnya.

Penampilan sebagai pengadil utama di Australia-Selandia Baru merupakan Piala Dunia Wanita keduanya, setelah debutnya pada tahun 2019 di Perancis.

Memulai perjalanannya sebagai wasit dengan dukungan sesama alumni Universitas Tokyo Gakugei, Bozono, Yamashita juga memiliki pengalaman di AFC Women’s Asian Cup (2018 dan 2022) dan Olimpiade (2020).

Pertandingan antara Australia vs India merupakan partai kedua di Piala Asia AFC Qatar 2023. Laga itu dimulai pukul 14.30 waktu setempat atau 18.30 WIB.