Bagikan:

JAKARTA - Persiapan matang terus dilakukan PSSI jelang menyambut musim baru Liga 1 2024/2025. Pembenahan juga dicanangkan, salah satunya rencana mendatangkan wasit asing dengan kualitas kelas atas.

Bocoran ini disampaikan oleh Wakil Ketua Komite Wasit PSSI, Yoshimi Ogawa. Pria asal Jepang itu menyebut bahwa rencana mendatangkan wasit asing demi meningkatkan kualitas kompetisi dan membantu perkembangan wasit lokal.

"Setiap bulan kami nantinya kami akan mengundang wasit asing, terutama dari Asia,” ujar Yoshimi Ogawa dalam acara Refereeing Workshop for Media di GBK Arena, Jakarta, pada Senin, 8 Juli 2024.

Terkait wasit asing yang bakal dilibatkan dalam Liga 1 2024/2025, Yoshimi menegaskan bahwa PSSI tidak akan sembarang dalam menentukan kandidat dan hanya wasit berkualitas yang akan didatangkan.

Demi bisa mendapatkan wasit kualitas kelas atas, Yoshimi bahkan telah mematok kriteria khusus. Ia hanya akan mengundang wasit elite Asia untuk memimpin laga di Liga 1 2024/2025.

"Termasuk wasit yang menjadi kandidat ke Piala Dunia atau wasit-wasit yang memimpin di negara yang sudah sukses. Seperti negara ini sudah mengirimkan klub ke AFC Champions League," ujar Ogawa.

Untuk jumlah wasit asing di Liga 1 2024/2025, Ogawa menyebut tak akan terlalu banyak, yaitu satu wasit asing dalam sebulan pertandingan.

Alasannya, PSSI juga akan memberikan kesempatan kepada para wasit lokal. Soalnya, perkembangan wasit lokal juga tetap menjadi tujuan utama.

"Namun, (menyertakan wasit asing) tidak begitu banyak. Soalnya, kita harus memberikan kesempatan kepada wasit lokal."

"Setiap bulan kami mengundang satu wasit luar," tutur Ogawa.